Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 07:24 WIB

Saling Tembak Afghanistan-Pakistan di Perbatasan

Minggu, 15 April 2018 | 19:54 WIB

Berita Terkait

Saling Tembak Afghanistan-Pakistan di Perbatasan
Petugas perbatasan Pakistan berjaga-jaga di pos perbatasan Pakistan-Afghanistan - (Foto: ndtv)

INILAHCOM, IslamabadTentara Afghanistan dan Pakistan saling tembak di perbatasan kedua negara, Minggu (15/4), tetapi tidak diketahui siapa yang memulai penembakan.

Kepala kepolisian daerah Afghanistan mengatakan kepada VOA pertempuran itu pecah pagi dini hari di daerah perbatasan Zazi Maidan, Provinsi Khost, Afghanistan tenggara dan tembak-menembak itu masih berlangsung.

Jenderal Abdul Hanan Zadran mengklaim dua petugas perbatasan Pakistan dan seorang sipil Afghanistan tewas. Beberapa lainnya luka-luka.

Jurubicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Asif Ghafoor, mengatakan kepada VOA bahwa "ada suatu tembak-menembak terjadi."

Ia menambahkan belum jelas apakah militer atau pasukan polisi perbatasan Afghanistan menembaki kedudukan Pakistan karena tidak ada pos perbatasan Afghanistan di sekitarnya.

Pakistan dan Afghanistan mempunyai perbatasan bersama hampir 2.600 kilometer yang sebagian tidak dikawal. Militer Pakistan baru-baru ini memulai pembangunan pagar perbatasan yang kuat dalam usahanya mencegah penyeberangan perbatasan dua arah yang illegal.

Para pejabat Afghanistan sebelumnya menuduh Pakistan melakukan serangan udara dan menembakkan ratusan peluru artileri ke provinsi perbatasan timur, Kunar, tapi tuduhan ini dibantah Islamabad.

Para pejabat Pakistan berkeras bahwa militan-militan buronan bersembunyi di daerah-daerah perbatasan Afghanistan yang tidak terjangkau pemerintah, dimana teroris merencanakan serangan terhadap Pakistan dan pasukan Pakistan melakukan operasi di dalam wilayah mereka sendiri untuk mencegah serangan demikian. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x