Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 05:39 WIB

Puluhan Warga Kamboja Dideportasi dari AS

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 7 April 2018 | 13:44 WIB

Berita Terkait

Puluhan Warga Kamboja Dideportasi dari AS
(Foto: Combodia)

INILAHCOM, Washington DC - Kantor Imigrasi dan Bea Cukai AS diam-diam mendeportasi 40 warga Kamboja yang dulu ditampung AS setelah melarikan diri dari Rezim Khmer Merah.

Huffington Post mengabarkan Jumat (6/4/2018), rombongan pertama pengungsi itu tiba di Kamboja Kamis kemarin. Ke-40 pengungsi Kamboja itu merupakan rombongan terbesar yang dideportasi dari AS. Selanjutnya, Pemerintahan Presiden Trump juga akan mengirim 200 orang Kamboja lagi tahun ini.

Sudah jelas, bahwa pemerintahan sekarang masih akan menyerang komunitas Kamboja, kata Katrina Dizon Mariategue, manajer kelompok nirlaba Southeast Asia Resource Action Center, SEARAC. Sebanyak 50 warga di antaranya telah menerima surat deportasi sejak Desember lalu. Namun sempat ditunda oleh keputusan Hakim Distrik California sehingga deportasinya tertunda hingga 5 Februari lalu.

Jurubicara petugas keimigrasian, ICE menjelaskan, hampir semua warga Kamboja yang dideportasi pernah melakukan tindak kriminal. Namun hal itu dibantah oleh Katrina Mariategue yang menyatakan, warga Kamboja itu adalah komunitas produktif dan mampu memenuhi kebutuhan warga AS.

Langkah repatriasi menjadi sumber perbedaan AS dan Kamboja di bawah pemerintahan Trump. Dalam perjanjian tahun 2002, Kamboja setuju menerima sejumlah kecil warganya yang dideportasi. Namun, karena protes dan reaksi dari masyarakat Kamboja-Amerika semakin meningkat, juga masalah kemanusiaan, Pemerintah Kamboja pimpinan PM Hun Sen berhenti mengeluarkan dokumen perjalanan untuk deportasi musim panas lalu.

Komentar

Embed Widget
x