Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 01:38 WIB
 

Pemukim Yahudi Diam-diam Masuki Kawasan Al Aqsa

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 6 April 2018 | 13:39 WIB
Pemukim Yahudi Diam-diam Masuki Kawasan Al Aqsa
(Foto: The Times of Israel)

INILAHCOM, Jerusalem - Sebanyak 500 pemukim Yahudi dikawal oleh pasukan bersenjata Israel, memasuki kawasan suci Masjid Al Aqsa di Jerusalem Timur untuk merayakan hari Paskah, sejak Ahad lalu.

Seperti dikutip Al Jazeera Kamis (5/4/2018), Kantor Berita Palestina WAFA mengabarkan ratusan warga Yahudi itu memasuki kawasan Masjid Al Aqsa sejak Kamis pagi, sebelum melakukan ritual keagamaan dekat masjid. Firas al-Dib, Juru Bicara Otoritas Keagamaan menyebutkan, sedikitnya 491 pemukim Yahudi dan 13 serdadu bersenjata masuk ke dalam kawasan Masjid, yang diikuti pula oleh pemukim lainnya sehingga jumlahnya mencapai 1.731 orang Yahudi pada Ahad lalu.

Sementara itu, pada hari Kamis (5/4/2018), ratusan pemukim Yahudi, dan dikawal puluhan serdadu Israel memaksa masuk ke situs Yahudi di Nablus, wilayah pendudukan Tepi Barat. Sejumlah saksi mata menyebutkan, mereka juga mulai melakukan penyerangan terhadap warga Palestina. Belasan kaum muda Palestina berkumpul untuk mencegah pemukim Yahudi, namun mereka dibubarkan oleh pasukan Israel yang menembakkan peluru karet dan gas air mata.

Penduduk Yahudi mengklaim situs itu merupakan makam Nabi Yusuf. Namun warga Palestina membantah pengakuan itu, dan menyebutkan bahwa situs tersebut adalah makam Sheikh Youssef Dawiqat, salah satu pemimpin spiritual Muslim.

Sejak beberapa puluh tahun, situs yang mengundang kontroversi itu, diserahkan ke tangan Bangsa Palestina tahun 2000, namun Israel menduduki situs itu kembali seraya menuduh Palestina mencemari situs tersebut.

Komentar

Embed Widget

x