Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 17:30 WIB

Facebook Bekukan Ratusan Akun Berbahasa Rusia

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 6 April 2018 | 13:07 WIB

Berita Terkait

Facebook Bekukan Ratusan Akun Berbahasa Rusia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Moskow - Facebook menghapus sekitar 200 halaman akun milik Rusia dan Instagram juga menutup 65 akun dan sejumlah iklan milik Pemerintah Moskow.

NPR News mengabarkan (5/4/2018), pemberangusan itu dilakukan Facebook setelah Rusia melalui Badan Riset Internet dituduh mempengaruhi Pilpres AS 2016. Dalam pernyataan resminya, Facebook mengungkapkan, "Badan Riset Internet itu tidak lagi punya tempat di Facebook."

Perusahaan sosial media raksasa itu menghapus 70 akun dan 138 halaman milik Rusia, termasuk 65 Instagram dan sejumlah iklan. Hampir seluruh materi berbahasa Rusia, termasuk komentar dan acara-acara domestik dan internasional. Facebook juga menghapus akun milik Organisasi Berita Federal Rusia, IRA. Menurut Facebook, "IRA telah seringkali menggunakan jaringan dari akun bodong untuk memanipulasi orang lewat Facebook," bunyi pernyataan resmi Facebook.

Langkah itu dikecam Pemerintah Kremlin yang menuduh Facebook menerapkan sensor ketat terhadap Rusia. "Hal itu merupakan manifestasi dari penyensoran media massa Rusia," ujar Dmitry Peskov jurubicara Presiden Vladimir Putin seperti dikutip Kantor Berita Rusia TASS.

Kepada sejumlah wartawan, Peskov membantah bahwa para oligarki (orang-orang berkuasa) punya hubungan dekat dengan pusat pemerintahan Kremlin dan Presiden Putin. Apalagi ikut membantu mempengaruhi Pilpres 2016. "Saya rasa, sebutan oligarki tidak pantas," kata Peskov. "Lebih baik menggunakan kata-kata para pengusaha besar," lanjutnya seperti dikutip TASS. Peskov juga menambahkan, pihaknya tidak tahu apakah para pengusaha Rusia termasuk yang dicurigai para penegak hukum AS.

Komentar

Embed Widget
x