Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 26 April 2018 | 23:59 WIB
 

Kerja Sama Militer China-Rusia Makin Kuat

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 5 April 2018 | 14:32 WIB
Kerja Sama Militer China-Rusia Makin Kuat
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Moskow - Menteri Pertahanan China Jenderal Wei Fenghe mengingatkan AS bahwa hubungan China dan Rusia semakin akrab.

CNN mengabarkan Rabu (4/4/2018), hal itu diutarakan Jenderal Wei saat berkunjung ke Moskow dan bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu. "Saya mengunjungi Rusia sebagai menteri pertahanan China yang baru, untuk menunjukkan pada dunia mengenai hubungan bilateral kedua negara dan tekad kuat angkatan bersenjata kita untuk memperkuat kerjasama strategis," kata Jenderal Wei seperti dikutip Kantor Berita Rusia TASS.

Lebih lanjut, Jenderal Wei mengatakan, "Sekaligus untuk menunjukkan kepada warga Amerika betapa erat hubungan antara angkatan bersenjata China dan Rusia. Kami datang untuk mendukung Rusia," kata Wei. Menurutnya, Beijing bersiap menunjukkan pada Moskow mengenai "Posisi dan kekhawatiran kami yang sama, mengenai masalah-masalah penting di panggung internasional," tambah Wei.

Pernyataan Wei Fenghe itu untuk membuktikan janji Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin November silam, yang bertekad meningkatkan hubungan bilateral dan kerjasama masalah internasional. Vladimir Putin dijadualkan akan mengunjungi China akhir tahun ini.

September tahun lalu, menteri luar negeri kedua negara sama-sama mengecam Pemerintah Washington karena dinilai terlalu agresif mengatasi masalah-masalah global. China dan Rusia, dua negara adidaya berpaham komunis itu, saling mendukung di PBB untuk menyelesaikan masalah Korea Utara dan Suriah.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x