Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 19:46 WIB
 

Trump Undang Putin ke Gedung Putih

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 3 April 2018 | 13:54 WIB
Trump Undang Putin ke Gedung Putih
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Washington DC - Presiden AS Donald Trump ternyata juga menyarankan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berkunjung ke Gedung Putih.

The New York Times mengabarkan Senin (2/4/2018), hal itu diungkapkan oleh Yuri Ushakov. Penasehat luar negeri Putin itu menjelaskan kepada sejumlah wartawan di Moskow bahwa Trump menyarankan sebuah pertemuan tingkat tinggi di Gedung Putih. "Hal itu merupakan ide yang positif," kata Yuri Ushakov.

Tawaran itu disampaikan Trump pada saat menelepon Presiden Putin untuk menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Putin sebagai Presiden Rusia. Presiden Trump juga menjelaskan kepada wartawan setelah ia menelepon Putin. Mungkin kita akan bertemu dengan Presiden Putin dalam waktu tak lama lagi, katanya.

Tentu saja hal menarik perhatian pengamat politik dunia, mengingat tawaran Trump itu disampaikan beberapa hari setelah Inggris dan Eropa mengusir sejumlah diplomat Rusia. Pengusiran itu dilakukan setelah Inggris mencurigai mantan agen rahasia Rusia Sergey Skripals tewas diracun di Salisbury, Inggris.

Lebih-lebih bagi para penasehat Trump yang meminta Trump, seharusnya mempertanyakan kasus peracunan Skripals tersebut. Bukannya malah mengundang ke Gedung Putih, walaupun AS ikut-ikut mengusir para diplomat Rusia dan dibalas dengan pengusiran diplomat AS oleh Rusia.

Namun keterangan Yuri Ushakov, buru-buru dibantah oleh Dimitri Peskov. Juru Bicara Putin ini mementahkan penjelasan Ushakov seraya menyebutkan bahwa pernyataan itu tidak benar.

Komentar

Embed Widget

x