Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 07:50 WIB

Kesepakatan Pemberontak dan Rusia

Evakuasi Warga Terluka dari Douma, Suriah

Minggu, 1 April 2018 | 13:14 WIB

Berita Terkait

Evakuasi Warga Terluka dari Douma, Suriah
Korban luka-luka di Ghouta Timur - (Foto: bbc)

INILAHCOM, Douma--Sebuah kesepakatan dicapai untuk mengevakuasi orang yang mengalami luka kritis dari Douma, kota terakhir yang dikuasai pemberontak di wilayah Ghouta Timur Suriah.

Kesepakatan dihasilkan setelah dilakukan perundingan antara kelompok pemberontak Jaish al-Islam, pemimpin sipil dan Rusia. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Minggu (1/4).

Korban luka akan dibawa ke Idlib, yang masih dikuasai oleh pemberontak.

Pertemuan tersebut terus berlanjut untuk menyelamatkan Douma dari serangan militer oleh militer Suriah dan sekutunya, yang saat ini tengah mengepung wilayah tersebut.

Para pemberontak di Douma membantah melakukan perundingan tentang kesepakatan evakuasi bagi puluhan ribu warga sipil yang masih tinggal di sana.

Namun, orang-orang yang terluka akan diizinkan untuk meninggalkan kota tersebut sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dengan militer Rusia pada Sabtu (31/3) malam, seperti diberitakan kantor berita Reuters.

Pemberontak berharap pembicaraan akan mengukuhkan hak mereka di Douma dengan perlindungan Moskow.

Setelah enam pekan diserang, ribuan pemberontak mundur ke bagian utara kota Idlib di bawah sebuah kesepakatan keselamatan perjalanan.

Militer Suriah mendesak mereka yang masih menguasai Douma untuk pergi atau menghadapi serangan skala penuh.

Puluhan ribu orang telah meninggalkan wilayah pinggiran ibukota Suriah, Damaskus, yang sebelumnya berpenduduk hampir dua juta jiwa.

Militer Suriah menawarkan pilihan bagi pemberontak, yaitu berpihak pada pemerintah, atau menyerahkan senjata mereka dan pindah ke zona yang dikuasai pemerintah.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan melalui televisi pada Sabtu (31/3) lalu, seorang juru bicara militer mengatakan tentara memberikan keamanan di ibukota dan seluruh wilayah Suriah. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x