Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 00:04 WIB
 

Dengan Perempuan Asia Tenggara

Main Seks, Pria Inggris Terkena Super-gonore

Oleh : - | Jumat, 30 Maret 2018 | 16:05 WIB
Main Seks, Pria Inggris Terkena Super-gonore
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, London--Seorang pria di Inggris diketahui sebagai kasus pertama di dunia yang terpapar bakteri super-gonore, penyakit yang sulit diobati dan dalam beberapa kasus mustahil disembuhkan.

Dia disebutkan telah memiliki pasangan di Inggris, tetapi diduga dia terpapar super-gonore setelah melakukan hubungan seksual dengan seorang perempuan di Asia Tenggara awal tahun ini.

Kementerian Kesehatan Inggris menyatakan ini merupakan kasus pertama seseorang yang terinfeksi penyakit yang mustahil disembuhkan. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Jumat (30/3).

Otoritas terkait di Inggris saat ini melacak pasangan seksual lainnya dari pria itu, yang belum diidentifikasi, untuk mencegah penyebaran infeksi.

Sejauh ini, pengobatan antibiotik utama, yaitu kombinasi azitromisin dan ceftriaxone, dianggap gagal mengobati penyakit tersebut.

Dokter Gwenda Hughes, pejabat dari Kementrian Kesehatan Inggris, mengatakan: "Ini kasus pertama adanya penolakan mutlak terhadap kedua obat ini dan sebagian besar antibiotik yang biasa digunakan."

Hasil pembicaraan dengan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, dan Pusat Pengendalian Penyakit Eropa, menyepakati bahwa ini adalah kasus pertama di dunia.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Neisseria gonorrhoeae.

Infeksi ini menyebar melalui hubungan seks vagina, oral dan anal tanpa kondom.

Dari mereka yang terinfeksi bakteri ini, ada sekitar satu dari 10 pria heteroseksual dan lebih dari tiga perempat perempuan dan pria gay tidak memiliki gejala yang mudah dikenali.

Gejala-gejalanya bisa berupa keputihan dengan warna kehijauan atau kuning yang tebal dari organ seksual, rasa sakit saat kencing dan pendarahan di antara periode menstruasi.

Penyakit yang belum dapat diobati ini dapat menyebabkan infertilitas, penyakit radang panggul dan dapat menulari ke janin selama kehamilan.

Saat ini pria asal Inggris itu sedang dirawat dan dokter akan melihat apakah pengobatannya itu membuahkan hasil atau tidak, baru bisa diketahui bulan depan. [bbc/lat]

Komentar

 
Embed Widget

x