Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 04:27 WIB

Tuntutan Saudi Terlibat 11 September Dilanjutkan

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 29 Maret 2018 | 13:07 WIB

Berita Terkait

Tuntutan Saudi Terlibat 11 September Dilanjutkan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Pemerintah Arab Saudi dipastikan bakal menghadapi tuntutan dan membayar ganti rugi miliaran dolar terhadap 3 ribu korban Peristiwa 11 September 2001.

Kantor Berita Reuters mengabarkan Kamis (28/3/2018), hal itu dimungkinkan setelah George Daniels, Hakim Distrik AS di Manhattan, New York, menolak permintaan pengacara Arab Saudi. Sejak lama Arab Saudi menolak terlibat dalam peristiwa pembajakan yang dilakukan oleh 19 pelaku yang hampir seluruhnya adalah warga Arab Saudi.

"Tuduhan para penggugat menyatakan hal yang wajar bagi saya, untuk menegaskan bahwa Arab Saudi bertanggung jawab, karena termasuk dalam UU Anti Terorisme, yang dibuat pada 2016," kata Hakim George Daniels.

Dalam keputusannya, hakim George juga menegaskan bahwa sanak keluarga -- berjumlah sekitar 25 ribu orang -- para korban yang terbunuh dalam peristiwa itu, juga harus diberi santunan. Para korban yang terluka, para pengusaha dan lainnya. Namun, Hakim George Daniels menolak tuntutan bahwa Bank Umum Nasional Saudi, Bank Al Rajhi dan Grup Bin Ladin dari Saudi, terlibat membiayai serangan 11 September 2001.

Seperti diketahui, sejak lama Arab Saudi memiliki kekebalan hukum atas peristiwa tersebut. Namun hal itu berubah pada September 2016, setelah Kongres AS menolak veto Presiden Barrack Obama, yang menentang tuntutan para keluarga korban agar dilanjutkan.

James Kreindler, seorang pengacara para penggugat merasa gembira bahwa tuntutan keluarga korban akhirnya dapat dilanjutkan. "Sejak lama kami menekan agar tuntutan itu tetap dilanjutkan," kata James Kreindler. "Kami juga melakukan temuan-temuan lain di Kerajaan Arab Saudi, sehingga mendapatkan cerita lengkap yang mengekspos peranan Saudi dalam Peristiwa Serangan 11 September 2001," lanjut James Kreindler.

Komentar

Embed Widget
x