Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 07:13 WIB
 

Viral

Foto Ibu Nangis Tak Bisa Bayar Pengobatan Anaknya

Oleh : Tatzuar Amir | Rabu, 28 Maret 2018 | 16:48 WIB
Foto Ibu Nangis Tak Bisa Bayar Pengobatan Anaknya
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Foto seorang ibu di Tiongkok yang menangis karena tidak bisa membayar biaya pengobatan anaknya kembali menjadi viral. Foto tersebut menggambarkan kondisi pelayanan kesehatan di negeri tirai bambu itu.

Perempuan dalam foto itu bernama Guo Yinzhen, 45 tahun, yang telah bercerai dari suaminya beberapa tahun lalu. Yinzhen bersama putra tunggalnya yang bernama Guo Zhenghan (3 tahun) tinggal di sebuah desa di daerah Daitian, Provinsi Fujian, Tiongkok.

Yinzhen dahulu bekerja di sebuah pabrik, namun setelah melahirkan Zhenghan, ia memutuskan untuk berhenti. Kini Yinzhen membantu kedua orangtuanya memetik teh sebagai mata pencaharian.

Mengutip Sina News, suatu hari Zhenghan, si buah hati, terkena infeksi yang membuat Yinzhen harus membawa putranya tersebut ke rumah sakit. Ternyata hasil diagnosis menyebut bahwa putra Yinzhen itu terkena penyakit hidrosefalus kongenital yang membuat sang putra harus dirawat secara intensif dalam jangka waktu lama.

Akibatnya biaya rumah sakit yang harus dibayarkan mencapai 100 ribu Yuan (sekitar Rp218 juta) dan Yinzhen tak sanggup membayarnya. Ditambah Yinzhen sebenarnya sudah menanggung utang sebesar Rp102 juta sebelumnya sebagai biaya mengurus anaknya selama sakit.

Bila ditotal, Yinzhen dan kedua orangtuanya telah menghabiskan uang setara 400 ribu Yuan atau sekitar Rp875 juta untuk biaya operasi Zhenghan sebanyak tiga kali dan termasuk biaya-biaya lainnya.

Malangnya, pihak pemerintah Tiongkok tidak bisa membantu Yinzhen dan keluarganya, karena jenis penyakit yang diderita oleh Zhenghan tidak masuk dalam jenis penyakit yang ditanggung pemerintah. Karena itulah, Yinzhen menangis di tepi jalan karena masalah tersebut dan fotonya yang diambil pada 1 Desember 2017 itu pun menjadi viral.

Keberuntungan akhirnya berpihak pada Yinzhen karena fotonya tersebut menarik perhatian yayasan bernama XiaoxingXin Foundation yang kemudian membantu perempuan bernasib malang itu. Xiaoxingxin Foundation pula yang kemudian mengurusi pengobatan dan operasi Zhenghan sampai sembuh.

Kabar terbaru mengatakan bahwa infeksi yang diderita anak lelaki Yinzhen telah hilang dan kondisi otaknya telah lebih baik. [beragam sumber]

Tags

Komentar

x