Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 20:15 WIB

Mesir Mulai Pilpres, el-Sisi Dipastikan Menang

Selasa, 27 Maret 2018 | 12:59 WIB

Berita Terkait

Mesir Mulai Pilpres, el-Sisi Dipastikan Menang
Abdel-Fattah el-Sissi (kanan) - (Foto: ArabWeekly)

INILAHCOM, Kairo--Pemilu Mesir dibuka dengan hasil yang sudah jelas, yaitu masa jabatan yang kedua selama empat tahun untuk Presiden Abdel-Fattah el-Sissi. Pihak kritikus mengecam hal ini sebagai tanda-tanda negara itu akan kembali ke pemerintahan otoriter yang berlangsung sejak 1950-an.

Laporan yang dikutip dari VOA, Selasa(27/3) menyebutkan, Moussa Mustafa Moussa, adalah satu-satunya penantang El-Sisi, jenderal yang kemudian menjabat sebagai presiden. Moussa adalah seorang politisi yang tidak banyak dikenal, yang ikut dalam persaingan pada saat-saat terakhir agar pemerintah tidak dipermalukan karena hanya ada satu kandidat dalam pemilu. Beberapa kandidat lain dipaksa menarik diri atau atau ditangkap sebelum pemilu.

Moussa tidak berusaha menantang el-Sissi, yang sama sekali tidak pernah menyebut nama Moussa di depan umum.

Pihak berwenang berharap dari hampir 60 juta pemilih yang berhak, akan cukup banyak memberikan suara dalam pemilu tiga hari itu agar pemilu sah.

Guna mencapai hal itu, media pro-pemerintah yang sangat berpengaruh dalam beberapa minggu terakhir tanpa henti menggambarkan, memberikan suara sebagai tugas nasional yang diperlukan untuk melindungi negara dari konspirasi asing.

Di antara para calon presiden yang tadinya mencalonkan diri terdapat beberapa yang mungkin menarik pemberian suara protes yang cukup besar.

Namun semuanya ditangkap atau diintimidasi untuk keluar dari persaingan sehingga pemilu ini adalah yang paling tidak kompetitif sejak pergolakan rakyat pada 2011 yang menggulingkan autokrat lama, Hosni Mubarak, dan membangkitkan harapan akan perubahan demokratis. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x