Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 19:40 WIB
 

Wakil PM Cina Han Zheng

Perang Dagang Akan Picu 'Konflik Lebih Besar'

Oleh : - | Senin, 26 Maret 2018 | 12:05 WIB
Perang Dagang Akan Picu 'Konflik Lebih Besar'
Wakil Perdana Menteri Han Zheng - (Foto: Alchetron)

INILAHCOM, Beijing--Wakil Perdana Menteri Cina Han Zheng memperingatkan, perang dagang akan merugikan semua pihak dan memicu "konflik yang lebih besar." Demikian VOA, Senin (26/3).

Berbicara pada forum pembangunan di Beijing, Minggu (25/3), Han tidak menyebut nama Amerika Serikat (AS) atau Presiden Donald Trump, yang pengumumannya tentang tarif besar terhadap baja dan aluminium impor asal Cina dibalas dengan pengenaan tariff dan bea masuk terhadap sederet barang impor asal AS.

Han meminta semua mitra perdagangan global agar "saling bekerja sama layaknya penumpang dalam kapal yang sama ... membuat globalisasi ekonomi lebih terbuka, inklusif, seimbang, dan menguntungkan bagi semua."

Kekhawatiran perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia itu menyebabkan pasar dunia anjlok.

AS menuduh Cina melakukan kecurangan dalam perdagangan, termasuk pencurian kekayaan intelektual dan penjualan murah barang-barang Cina di pasar global untuk membuat barang AS tampak lebih mahal.

Cina membantah tuduhan AS itu, dan Wakil Perdana Menteri Liu He mengatakan kepada Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam percakapan telepon, Sabtu (24/3), bahwa Cina siap membela kepentingannya. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget

x