Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 06:17 WIB

Pesawat ke Israel Kini Bisa Lintasi Kawasan Saudi

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 24 Maret 2018 | 10:01 WIB

Berita Terkait

Pesawat ke Israel Kini Bisa Lintasi Kawasan Saudi
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Tel Aviv - Kerajaan Arab Saudi membuka wilayah udaranya untuk dilintasi oleh pesawat-pesawat komersial yang membawa warga Yahudi menuju ke Israel.

The Guardian mengabarkan Jumat (23/3/2018), maskapai penerbangan Air India yang membawa puluhan warga Israel mendarat di Tel Aviv, setelah melintasi wilayah Arab Saudi. Peristiwa bersejarah yang berlangsung untuk pertama kalinya selama 70 tahun itu, disambut hangat oleh Pemerintah Israel.

"Ini adalah malam bersejarah. Kita rayakan hubungan dengan India dan penerbangan sipil pertama yang dihubungkan oleh Arab Saudi dan Negara-negara Teluk," kata Menteri Transportasi Israel, Yisrael Katz, beberapa saat setelah Air India mendarat di Bandara Ben Gurion.

Pesawat Boeing Dreamliner Air India 139 lepas landas dari Delhi menuju Tel Aviv. "Setelah terbang selama tiga jam, pesawat itu melintasi kawasan udara Saudi dan sempat melintasi sebelah Barat Ibukota Riyadh," bunyi laporan Flightradar24, sebuah aplikasi udara. Penelusuran penerbangan menunjukkan, sebelumnya Air India 139 juga melintasi kawasan Kerajaan Oman, salah satu negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Sejauh ini belum ada penjelasan resmi Pemerintah Riyadh. Belum dipastikan juga apakah penerbangan lain berbendera Israel seperti El Al juga diizinkan melintas di atas Arab Saudi. Namun pemantau penerbangan menunjukkan sebuah jet juga melintas di atas Arab Saudi. Selama ini, penerbangan komersial menuju ke Tel Aviv harus terbang memutar untuk menghindari wilayah udara Saudi, sehingga memerlukan tambahan waktu beberapa jam.

Komentar

x