Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 19:45 WIB

Senat Minta AS Tarik Dukungan Militer ke Saudi

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 21 Maret 2018 | 13:24 WIB

Berita Terkait

Senat Minta AS Tarik Dukungan Militer ke Saudi
(Foto: VOA)

INILAHCOM, Washington DC - Senat AS mendesak Pemerintah Trump untuk mengakhiri dukungan militer ke Arab Saudi memimpin koalisi Arab berperang melawan Yaman.

Majalah TIME mengabarkan, desakan itu mulai disidangkan Senat AS Selasa (20/3/2018). Di antara usulan yang dibicarakan adalah memangkas dukungan intelijen, bantuan materi dan pesawat pengisian bahan bakar di udara bagi pasukan Saudi. Sejak tahun 2015, AS memberikan bantuan intelijen, amunisi dan pesawat pengisian bahan bakar di udara bagi armada pesawat tempur Saudi sejak operasi Perang Yaman dimulai tahun 2015.

Sebuah kelompok di Senat yang terdiri dari para senator Republik dan Demokrat baru-baru ini memperkenalkan resolusi bersama, agar militer AS menghentikan bantuan kepada Arab Saudi. Resolusi tersebut dimaksudkan untuk mempertanyakan peranan konstitusional Kongres yang pernah dilakukan pada tahun 1940.

Dalam konstitusi itu disebutkan bahwa hanya Kongres AS yang dapat menyatakan sebuah peperangan. Untuk kasus di Yaman, Kongres AS tidak pernah menyatakan perang, sehingga militer AS tidak boleh memberikan bantuan militer kepada Arab Saudi. "Keterlibatan militer AS di Yaman tidak disahkan oleh Kongres, seperti disyaratkan dalam Konstitusi," tutur Senator Republik Mike Lee.

Departemen Pertahanan AS meminta Kongres untuk menolak resolusi tersebut. Alasannya, bakal membahayakan kehadiran AS di Timur Tengah, dan menambah korban penduduk sipil. "Lebih baik kita tetap mempertahankan peranan kita di Timur Tengah," ujar Jenderal Joseph Votel, Komandan Komando Sentral AS yang membawahi operasi militer AS di Timur Tengah.

Menteri Pertahanan James Mattis juga mengirim surat ke Senator Mitch McConnell agar resolusi itu dibatalkan. "Iran akan meningkatkan dukungan ke gerilyawan Houthi dan mampu menyerang Saudi dengan rudal balistik, bila AS menarik dukungan terhadap Saudi," kata James Mattis.

Belum terdengar apa tanggapan Senat AS soal itu. Bila disetujui Senat, resolusi itu harus dibahas lagi di Kongres. Setelah disepakati, barulah dukungan militer AS akan dibatalkan. Dan itu memakan waktu lama.

Komentar

Embed Widget
x