Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 06:20 WIB

Akhirnya Trump Ucapkan Selamat kepada Putin

Rabu, 21 Maret 2018 | 10:16 WIB

Berita Terkait

Akhirnya Trump Ucapkan Selamat kepada Putin
Presiden Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington--Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akhirnya mengucapkan selamat kepada Presiden Vladimir Putin yang meraih kemenangan besar dalam pemilihan presiden Rusia akhir pekan lalu.

Ucapan selamat yang disampaikan Trump lewat sambungan telepon itu menepis kekhawatiran yang sempat merebak di Washington.

Trump mengatakan mungkin akan bertemu dengan Putin dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi untuk membahas persaingan senjata antara kedua negara, yang menurutnya sudah di luar kendali, tulis BBC, Rabu (21/3)

Namun Kongres AS mengecam Trump karena dia tidak menantang pemimpin Rusia terkait dengan penilaian bahwa dia melemahkan demokrasi di dunia, termasuk tuduhan pemerintah Moskow campur tangan dalam pemilihan presiden AS tahun 2016 lalu.

Sempat berkembang tanda tanya kenapa Presiden Trump tidak memberi ucapan selamat atas kemenangan yang mengantarakan Presiden Putin berkuasa untuk enam tahun lagi.

Sebelumnya, Senin (19/3) petang waktu setempat, juru bicara Presiden Trump, Hogan Gidley, menjelaskan penyebab utama tiadanya ucapan selamat adalah Putin dipastikan bakal terpilih kembali sebagai presiden dan 'karenanya tidak akan ada kejutan dari hasil pilpres' di Rusia.

"Kami tidak terkejut dengan hasil pemilihan," kata Gidley kepada para wartawan di atas pesawat terbang kepresidenan Air Force One, yang membawa rombongan Presiden Trump ke New Hampshire. [bbc/lat]

Komentar

x