Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 07:03 WIB
 

Putin Hampir Pasti Jabat Presiden Rusia Lagi

Oleh : - | Senin, 19 Maret 2018 | 06:25 WIB
Putin Hampir Pasti Jabat Presiden Rusia Lagi
Presiden Vladimir Putin - (Foto: Wgau)

INILAHCOM, Moskow--Presiden Vladimir Putin dipastikan akan kembali memimpin Rusia untuk masa enam tahun ke depan hingga tahun 2024, walau hasil akhir belum diumumkan.

Perkiraan awal Komisi Pemilihan Umum Rusia memperlihatkan dia meraih 73,9% suara, yang memperlihatkan dia tidak menghadapi perlawanan ketat, sesuai dengan perkiraan sebelumnya, demikian laporan yang dikutip dari BBC, Senin (19/3).

Perolehan suaranya dalam pemilihan presiden Minggu (18/3) tersebut meningkat dibanding pada tahun 2012 lalu, ketika dia menang dengan perolehan 64% suara.

Bersaing dengan tujuh calon lainnya, Putin -seperti diperkirakan oleh banyak pihak- tidak akan mendapat perlawanan serius untuk menduduki kembali kursi presiden selama enam tahun mendatang,

Bagaimanapun Putin memerlukan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi untuk memperkuat legitimasinya sebagai pemimpin, di tengah-tengah ancaman semakin terisolasinya Rusia akibat sanksi baru Amerika Serikat dan tuduhan keterlibatan Moskow dalam upaya pembunuhan mantan agen Rusia di Inggris.

Saat memberikan suara di ibu kota Moskow, Minggu (18/03), dia mengatakan hasil yang memberinya 'hak untuk melaksanakan tugas sebagai presiden' merupakan sebuah kesuksesan.

"Saya yakin program yang saya tawarkan adalah yang benar," ujar pria yang sudah menjadi pemimpin terlama Rusia sejak Stalin dulu.

Saingan Putin antara lain adalah seorang jutawan, Pavel Grudinin, mantan pembawa acara TV, Ksenia Sobchak, dan politisi beraliran nasionalis yang terkenal, Vladimir Zhirinovsky.

Namun pemimpin oposisi utama, Alexei Navalny, dilarang ikut pemilihan karena terbukti terlibat penipuan, yang menurut Navalny bermotif politik.

Dia menyerukan aksi boikot dan mengerahkan ribuan pendukungnya untuk mengamati tempat-tempat pemungutan suara guna mengawasi kemungkingan kecurangan.

Vladimir Putin, yang kini berusia 65 tahun, menjadi pemimpin Rusia yang dominan sejak tahun 1999, baik sebagai presiden maupun perdana menteri. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget

x