Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 04:15 WIB

Snowden Muncul, Kecam Pencalonan Direktur CIA

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 17 Maret 2018 | 11:19 WIB

Berita Terkait

Snowden Muncul, Kecam Pencalonan Direktur CIA
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington DC - Setelah lama tak muncul, Edward Snowden, pembobol data Badan Keamanan Nasional, NSA ikut bicara di Twitter tentang Gina Haspel, wanita yang dicalonkan menjadi Direktur CIA.

Huffington Post mengabarkan Jumat (16/3/2018), Snowden mengecam pendapat Liz Cheney. Dalam diskusi di Twitter, Liz, senator putri mantan Wapres Dick Cheney, itu menyebutkan pengembangan teknik interogasi merupakan bagian dari pelatihan SERE, cara bertahan hidup, cara menghindar musuh, perlawanan dan melarikan diri. "Bahkan taktik itu berhasil meningkatkan intelijen yang sangat berharga," tulis Liz Cheney.

Pendapat itu dibantah oleh Snowden yang mengungkapkan, "Pendapat Liz Cheney itu bohong besar," tulisnya. Lebih lanjut, Snowden mengungkapkan, teknik interogasi yang dilakukan CIA sangat merugikan. Bahkan, menurut Snowden, banyak petugas CIA yang menyalah gunakan wewenangnya.

Di antaranya memaksa menyuntikkan makanan lewat hidung, bagi para tawanan yang melakukan mogok makan. "Coba dengar baik-baik. Kalian tidak bisa melindungi sebuah penyiksaan untuk melindungi konstitusi. Melindungi penyiksaan itu bertentangan dengan Konstitusi!" tulis Snowden.

Belum jelas apakah Gina Haspel, bakal lolos dari saringan di Senat atau Kongres. Sebab, wakil CIA itu pernah terlibat dalam Sisi Kelam di Thailand. Dalam operasi itu, para tahanan diguyur air sambil dibekap kepalanya dengan karung yang lazim disebut Waterboarding. Gina Haspel dituduh menghancurkan sejumlah bukti tentang operasi keji itu. Senator Rand Paul dari Republik menyatakan tidak akan meloloskan pencalonan Gina Haspel yang disebutnya sebagai Head Cheerleader for Waterboarding).

Komentar

Embed Widget
x