Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 17:11 WIB

Kim Jong-un dan Donald Trump akan Bertemu

Jumat, 9 Maret 2018 | 15:18 WIB

Berita Terkait

Kim Jong-un dan Donald Trump akan Bertemu
Donald Trump dan Kim Jong-un - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Washington -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengundang Presiden AS Donald Trump untuk berkunjung menemuinya, sebuah undangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan presiden AS itu menyatakan akan menerimanya.

Pengumuman mengejutkan tersebut diungkapkan oleh pejabat senior Korea Selatan di Washington, yang menyampaikan sepucuk surat dari pemimpin Korea Utara untuk Donald Trump, demikian laporan yang dikutip dari BBC, Jumat (9/3).

Mereka mengatakan bahwa Jong-un juga telah sepakat untuk menghentikan uji coba rudal dan senjata nuklir dan "melakukan denuklirisasi".

Tampaknya ini merupakan terobosan besar setelah berbulan-bulan situasi yang penuh ancaman dan kekerasan terkait Korea Utara.

Awal pekan ini sebuah delegasi Korea Selatan mengadakan pembicaraan penting dengan Kim Jong-un di Pyongyang, yang merupakan bagian dari langkah pencairan diplomatik menyusul dilibatkannya Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. Delegasi itu kemudian melakukan perjalanan ke AS untuk menyampaikan pesan Korea Utara bagi AS.

Sebelumnya Trump mengatakan bahwa tidak ada gunanya berbicara dengan Korea Utara, namun mengatakan bahwa perkembangan ini merupakan "kemajuan besar".

Betapa pun, kata Trump, sanksi akan tetap berlaku sampai tercapai kesepakatan yang jelas.

Penasihat keamanan nasional Korea Selatan Chung Eui-yong, berbicara di luar Gedung Putih setelah bertemu dengan Trump, mengatakan bahwa perkembangan ini dicapai berkat "tekanan maksimum yang merupakan kebijakan bersama" dari Presiden AS bersama solidaritas internasional.

"Saya mengatakan kepada Presiden Trump bahwa dalam pertemuan dengan kami (di Pyongyang,) pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan bahwa dia berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi," kata Chung pada sebuah konferensi pers.

"Kim berjanji bahwa Korea Utara akan menahan diri untuk tidak melakukan uji coba nuklir atau uji rudal lagi."

Dia menambahkan: "Presiden Trump menghargai perkembangan tersebut, dan mengatakan bahwa dia akan bertemu dengan Kim Jong-un bulan Mei mendatang untuk mencapai suatu denuklirisasi permanen." [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x