Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 06:02 WIB

Untuk Pertama Kali Kapal Induk AS Kunjungi Vietnam

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 6 Maret 2018 | 12:25 WIB

Berita Terkait

Untuk Pertama Kali Kapal Induk AS Kunjungi Vietnam
(Foto: VMS)

INILAHCOM, Hanoi - USS Carl Vinson, kapal induk AS bersandar di Pantai Danang, Senin (5/3/2018) dan akan berlabuh selama lima hari ke depan.

VOA mengabarkan, kunjungan kapal induk AS tersebut, merupakan pertama kali dilakukan kapal militer AS sejak Perang Vietnam tahun 1975. Kapal induk AS tersebut membawa 5 ribu personil militer, yang akan disusul kemudian oleh dua kapal angkatan laut AS lainnya.

Kunjungan Kapal Induk USS Carl Vinson tersebut telah diumumkan oleh Menteri Pertahanan AS Jim Mattis saat berkunjung ke Vietnam Januari lalu. AS dan Vietnam menjalin kembali hubungannya pada 1995 dan sejak itu, kedua negara melakukan kerjasama di bidang ekonomi dan militer.

Dubes AS untuk Vietnam, Daniel Kritenbrink menyatakan bahwa kunjungan bersejarah ini menunjukkan "Kemajuan dramatis antara hubungan AS dan Vietnam dalam tahun-tahun terakhir," katanya. Melalui kerja keras dan saling menghormati, serta bekerjasama untuk masa depan lebih baik, "Kami sebagai mantan seteru akan menjadi mitra yang sangat dekat," kata Dubes Daniel Kritenbrink.

Serdadu marinir AS tiba di Danang pada 1965. Pasukan militer AS itu menandai keterlibatan AS dalam Perang Vietnam yang menelan 58 ribu tentara AS, dan 3 juta warga Vietnam. Invasi militer dilakukan AS untuk menggerus pemerintahan komunis Vietnam, namun usaha ini gagal total dan AS terusir dari Vietnam.

"Di zaman perang dulu saya selalu ketakutan melihat tentara Amerika," tutur Tran Thi Luyen. "Tapi kini, kapal induk AS punya misi berbeda dan meningkatkan ekonomi serta kerjasama dengan Vietnam," kata Tran Thi Luyen, 55 tahun, pemilik toko di Hanoi.

Komentar

Embed Widget
x