Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 04:30 WIB
 

Iran Bangun Dua Hanggar & Basis Militer di Suriah

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 28 Februari 2018 | 14:34 WIB
Iran Bangun Dua Hanggar & Basis Militer di Suriah
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Teheran - Iran telah membangun pangkalan militer permanen dan dua hanggar lainnya di luar Kota Damaskus, Suriah, untuk menyimpan peluru kendali yang dapat menghantam Israel.

Fox News mengabarkan Selasa (27/2/2018), foto satelit dari ImageSat Internasional menunjukkan basis militer Iran itu. Pangkalan militer yang terletak di Barat Daya Suriah itu, menurut Fox, dioperasikan oleh Satuan militer Quds, operasi khusus yang membantu Garda Revolusi Iran. Dua buah hanggar masing-masing berukuran sekitar 30 meter dan 20 meter dibangun untuk menyimpan rudal berdaya tembak dekat dan menengah.

Basis militer yang sama pernah dibangun tahun lalu di Selatan Damascus, sebelum dihancurkan oleh rudal Israel Desember 2017.

Para komandan militer AS menyatakan di depan Parlemen bahwa Iran tengah meningkatkan jumlah rudal dan kualitasnya di kawasan Timur Tengah. Jenderal Joseph L. Votel, Komandan Komando Pusat AS menyatakan Iran telah menambah kekuatan militernya di Timur Tengah sejak perjanjian pembatasan nuklir ditanda tangani Juli 2015 silam. Termasuk pula mengirim rudal-rudalnya, mengirim para pejuang dan peralatan militernya ke Yaman dan Suriah.

Jenderal Joseph L. Votel menyatakan "Menantang Iran bukanlah misi koalisi AS di Suriah," katanya. Kehadiran 2.000 tentara AS di sekitar Suriah memfokuskan diri untuk menghancurkan ISIS dan mencegah kelompok teror berkembang. "Sejak lima tahun belakangan Iran berhasil menciptakan jaringan di Yaman," kata Votel. "Sama halnya ketika mereka menciptakan satuan itu di Lebanon bersama Hezbollah yang memakan waktu 20 tahun," sambung Votel.

Komentar

 
x