Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 20:21 WIB
 

Raja Berlian dan Permata India Tiba-tiba Raib

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 27 Februari 2018 | 12:44 WIB
Raja Berlian dan Permata India Tiba-tiba Raib
Nirav Modi, pedagang berlian dan permata kondang di India - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Mumbai - Nirav Modi, pedagang berlian dan permata kondang India dinyatakan hilang setelah dituduh melakukan penipuan dana bernilai total US$43,8 juta.

Kantor berita Reuters mengabarkan Senin (26/2/2018), Biro Pusat Investigasi India mengumumkan tengah mencari Modi. Pedagang pertama pemilik toko berlian Nirav Modi Global itu tak ditemukan di tokonya di Mumbai maupun New Delhi. Padahal, lelaki berdarah India kelahiran Antwerp, Belgia itu didakwa melakukan penipuan dana bernilai US$43,8 juta di Punjab National Bank bersama sejumlah tersangka lainnya. Pekan lalu, Nirav Modi juga dituduh terlibat kasus pemalsuan yang lebih besar lagi dari salah satu cabang kantornya bernilai US$1,77 miliar.

Akhir pekan lalu, Direktorat Penegakkan Hukum yang membidangi kasus kriminal keuangan, menyita sebuah kendaraan merk Roll-Royce Ghost, sebuah mobil Porsche Panamera dan beberapa kendaraan mewah lain atas nama Modi dan perusahaannya. Direktorat itu juga menjelaskan lewat Twitter bahwa pihaknya telah menyita 21 properti milik Nirav Modi yang nilainya mencapai US$81 miliar.

Modi belum memberi tanggapan dan komentar mengenai kedua tuduhan itu. Namun Firestar Diamond, perusahaan induknya, mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Nirav Modi tidak terlibat.

Nirav Modi yang menurut majalah Forbes memiliki kekayaan $ 1,8 miliar, lahir dan dibesarkan di Antwerp, Belgia dari sebuah keluarga pedagang berlian dan permata. Di usia 19 tahun, Nirav Modi pindah ke Mumbai pada 1990, yang kemudian mendirikan bisnisnya Firestar Diamond Ltd, dengan menjual batu-batuan dan permata. Karyawannya yang kurang dari belasan itu, kemudian berkembang menjadi 2 ribu orang tahun lalu.

Nirav Modi dikenal sebagai pemegang saham mayoritas di Firestar Group. Perusahaan itu meraih pendapatan tiga kali lipat dari sekitar US$1,6 miliar menjadi lebih dari US$2,3 miliar pada 2016 hingga 2017. Kemudian pada 2010, Modi meluncurkan bisnis pertama bernama NIRAV MODI (dengan huruf kapital) dan membuka butik barunya di Las Vegas dan Hawaii.

Kedua butik itu menambah moncer kekayaan Nirav yang telah membuka toko di sejumlah kota besar dunia lainnya. Mulai dari New York, London hingga Beijing. Sejumlah bintang layar perak seperti Kate Winslet dan Dakota Johnson mengenakan karya Nirav Modi di acara karpet merah Malam Penghargaan Oscar di Hollywood.

Lalu tiba-tiba ia raib setelah dituduh melakukan penggelapan dan berbagai penipuan keuangan.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x