Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 09:34 WIB

Harta Seorang Pangeran Saudi Siap Dilelang

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 27 Februari 2018 | 11:21 WIB

Berita Terkait

Harta Seorang Pangeran Saudi Siap Dilelang
Pangeran Maan al-Sane - (Foto: Gulf Insider)

INILAHCOM, Riyadh - Pemerintah Arab Saudi siap melelang harga kekayaan Pangeran Maan al-Sanea, salah satu miliuner Arab yang ditahan dalam aksi anti-korupsi yang digelar November 2017 lalu.

Kantor Berita Reuters mengabarkan Senin (26/2/2018), Maan al-Sanea ditahan tahun lalu, karena Saad Group, perusahaan miliknya menunggak utang bernilai total $ 10,6 miliar. Kreditor menghabiskan waktu 9 bulan untuk menagih piutang Saad Group, yang bermarkas di Kota Khobar, Timur Arab Saudi.

Etqaan Alliance, sebuah konsorsium yang dibentuk Pemerintah Saudi akan melikuidasi seluruh aset milik Pangeran Maan al-Sanea. Menurut rencana aset itu akan dijual dalam pekan-pekan mendatang, untuk membayar kembali utang para kreditor. Para likuidator menyiarkan video di YouTube dengan judul tagline The Sale Everyone Has Been Waiting for in Khobar, menggambarkan sejumlah properti dan tanah yang akan dijual.

Brosur yang dilampirkan dalam tawaran itu, menyebutkan kekayaan yang hendak dijual termasuk 20 bidang tanah milik Saad Trading, dan Saad Group serta milik pribadi Maan al-Sanea. Salah satu properti yang kebanyakan terletak di Kota Khobar itu, adalah sebidang tanah seluas 484 hektare yang di dalamnya berdiri sejumlah bangunan dan jaringan penyulingan air bersih.

Sebuah sumber memperkirakan, real estate itu bernilai 4,4 miliar Riyal. Sumber itu juga mengungkapkan bahwa daftar kekayaan Pangeran Saad diperkirakan 3,5 milyar Riyal dalam bentuk real estate. Sedangkan milik pribadi diperkirakan bernilai $ 6,8 miliar Riyal. Kebanyakan terletak di Ibukota Riyadh, Dammam dan Khobar.

Selain itu, properti, Tim Etqaan Alliance akan melelang sejumlah kendaraan bermotor. Seperti diketahui, Pangeran Maan al-Sanea, yang pernah dinobatkan Majalah Forbes sebagai salah satu dari 100 orang terkaya dunia itu, memiliki 933 kendaraan bermotor yang terdiri dari jenis truk, bis dan mobil.

Sumber di Riyadh menyebutkan pula bahwa Pangeran Maan al-Sanea memiliki belasan kendaraan mewah, seperti Rolls Royce, Hummer dan Cadillac Concord. Selain properti dan mobil, Pangeran Maan al-Sanea juga memiliki Rumah Sakit Spesialis di Khobar berkapasitas 750 tempat tidur. Rumah sakit ini tidak ikut dilelang, karena Pemerintah Saudi tengah bernegosiasi dengan sejumlah perusahaan asing yang bekerjasama dengan Saad Group.

Komentar

Embed Widget
x