Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 04:26 WIB
 

Ada Kabar Presiden Xi Bakal Gusur PM Li Keiqiang

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 24 Februari 2018 | 14:58 WIB
Ada Kabar Presiden Xi Bakal Gusur PM Li Keiqiang
Perdana Menteri Li Keqiang - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Komite Sentral Partai Komunis China akan menggelar Rapat Pleno Ketiga bulan depan menjelang dua pertemuan penting yang akan diselenggarakan pada bulan yang sama.

Axios mengabarkan Jumat (23/2/2018), Rapat Pleno yang diselenggarakan lebih awal itu belum ditentukan jadualnya. Namun sumber-sumber di Beijing mengungkapkan, dalam rapat itu, Komite Sentral PKC akan memberikan arahan tentang sejumlah reformasi ekonomi dan restrukturisasi sistem keuangan China, yang dilakukan Presiden Xi Jinping.

Selain itu, dalam Rapat Pleno itu juga akan dikeluarkan keputusan menggusur Zhou Xiaochuan sebagai Direktur Bank Rakyat China. Zhou akan digantikan oleh Liu He yang memang dicalonkan sebagai kepala Bank Sentral China.

Rapat Pleno Ketiga yang diselenggarakan lebih awal itu, cukup mengejutkan banyak pihak. Sebab Rapat Pleno biasanya diselenggarakan sekitar bulan Oktober, bersamaan dengan Kongres Partai Komunis China. Menurut Bloomberg, 400 pejabat tinggi PKC akan berkumpul di Beijing, sebelum pertemuan tahunan anggota legislatif China pada bulan Maret. Dalam Rapat Pleno itu, mereka akan menunjuk seorang pejabat yang akan melakukan restrukturisasi yang diusulkan Pemerintah Presiden Xi Jinping.

Ada kabar bahwa Rapat Pleno itu sengaja dimajukan agar Presiden Xi Jinping dapat secepatnya melakukan reformasi ekonomi dan restrukturisasi keuangan China. Tanpa menghadapi ganjalan berarti dari Konperensi Konsultasi Rakyat China, CPPCC maupun Kongre Partai Nasional China, NPC.

Dengan duduknya Liu He sebagai Direktur Bank Sentral China, maka Presiden Xi akan leluasa mengendalikan perekonomian dan restrukturisasi keuangan Cina. Lalu bagaimana peranan Perdana Menteri Li Keqiang yang bertugas melakukan tugas-tugas dalam negeri dan ekonomi Cina?

Sejumlah pengamat Cina menduga, Liu He dijadikan alat untuk menggusur Li Keqiang dari tugas-tugas utamanya. Tindakan ini pernah dilakukan oleh Pemimpin Besar China Deng Xiaoping yang menggusur Perdana Menteri Li Peng dan menggantinya dengan Zhu Rongji pada awal 1990-an lalu.

Komentar

Embed Widget

x