Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 10:28 WIB
 

Saudi Gelar Pameran Peralatan Militer di Riyadh

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 22 Februari 2018 | 12:46 WIB
Saudi Gelar Pameran Peralatan Militer di Riyadh
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Riyadh - Arab Saudi akan menggelar sebuah pameran militer dengan tema Armed Forces Exhibition or Diversification Local Manufacturing, AFED.

Arab News mengabarkan Rabu (21/2/2018), Jenderal Attiya Al-Maliki, jurubicara pameran menjelaskan, AFED akan berlangsung mulai 25 Februari hingga 3 Maret 2018 di Riyadh International Convention and Exhibition Center. Pameran militer itu digelar sebagai bagian dari Strategi Visi 2030 yang dicanangkan Putra Mahkota Pangeran Mohammad bin Salman.

Pameran militer itu akan diisi dengan berbagai seminar dan lokakarya yang diikuti oleh sejumlah tamu dari negara sahabat dan luar negeri lainnya. "Pameran itu dimaksudkan untuk menyelesaikan tantangan masa depan dengan di bidang industri. Pameran ini akan membuka kesempatan bagi para produsen dan para investor untuk mengidentifikasi peluang bisnis," kata Jenderal Attiya al-Maliki.

Menurutnya, banyak orang yakin dan percaya bahwa AFED adalah ajang eksklusif untuk menampilkan kebutuhan militer. "Itu tidak benar sama sekali. Justru AFED menjadi peluang besar bagi produk-produk keperluan sipil dan militer," kata Jenderal Attiya al-Maliki. Sebab, katanya, AFED sejalan dengan Program Visi 2030, yang mendukung produk dan manufaktur lokal.

"Pameran ini akan menjadi ajang produksi senjata lokal, tanpa harus membeli dari luar negeri atau Barat, sehingga pabrik-pabrik nasional akan mendapat keuntungan, dan Vision 2030 akan menjadi kenyataan," kata Jenderal Attiya al-Maliki.

Pameran AFED pertama kali yang digelar di Riyadh pada 2010, menjadi ajang pameran bagi peralatan militer. Lalu pameran kedua diadakan di Dhahran bekerjasama dengan perusahaan minyak Saudi Aramco dan Saudi Basic Industries Corp, SABIC. Adapun pameran AFED ketiga berlangsung di Riyadh pada 2016, diikuti oleh Saudi Aramco, SABIC dan sejumlah perusahaan lainnya.

Pameran ini sebagai bagian dari reformasi ekonomi yang dicanangkan Kerajaan Arab Saudi. Juga bertujuan untuk meningkatkan investasi asing dan mendukung ekspor non-migas serta mengembangkan pembangunan ekonomi berdasar ilmu pengetahuan. Dalam pameran ini, Turki akan menjadi tamu kehormatan.

Komentar

 
Embed Widget

x