Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 06:48 WIB
 

Suriah Tembak Jatuh Jet Tempur Israel

Oleh : - | Minggu, 11 Februari 2018 | 10:13 WIB
Suriah Tembak Jatuh Jet Tempur Israel
Pesawat jet F-16 milik Israel jatuh di utara Israel. - (Foto: bbc)

INILAHCOM, Tel Avi-- Sebuah jet tempur Israel ditembak jatuh oleh pasukan Suriah, Sabtu (10/2) pagi setelah melakukan serangan terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah.

Dua pilotnya selamat setelah lolos dengan kursi pelontar, dan mendarat dengan parasut ke tempat yang aman di Israel. Mereka kemudian dibawa ke rumah sakit.

Israel mengatakan, saat itu pesawat jet F-16 mereka sedang melancarkan serangan setelah terjadi penyusupan sebuah pesawat tak berawak ke wilayah Israel. Pesawat tak berawak itu lantas dicegat.

Media Pemerintah Suriah mengatakan, pasukan Suriah menembak pesawat itu karena melakukan tindakan "agresi".

Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengatakan "Sebuah helikopter tempur berhasil mencegat UAV (unmanned aerial vehicle, kendaraan udara tak berawak) Iran yang diluncurkan dari Suriah dan menyusup ke Israel."

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa pesawat tak berawak tersebut diidentifikasi dengan cepat dan "diawasi sampai kemudian dicegat".

"Pesawat tak berawak itu jatuh di wilayah Israel dan berada di tangan kami," kata juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Brig Gen Ronen Manelis.

Militer mengatakan menanggapi itu, IDF "melancarkan serangan terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah", dan menambahkan bahwa misi itu telah berhasil diselesaikan.

Sirene peringatan terdengar di daerah utara Israel dan Dataran Tinggi Golan.

Warga dilaporkan mendengar sejumlah ledakan dan aktivitas angkatan udara di daerah dekat perbatasan Israel dengan Yordania dan Suriah.

Media Pemerintah Suriah mengutip seorang sumber di militer mengatakan bahwa pertahanan udara negara itu mulai menembak sebagai respon atas "serangan" Israel terhadap basis militer pada hari Sabtu, dengan "lebih dari satu pesawat" yang tertembak.

Iran--bersama dengan Rusia--adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang pasukannya telah memerangi kelompok pemberontak sejak 2011.

November lalu, seorang sumber intelijen Barat mengatakan kepada BBC bahwa Iran sedang membangun sebuah pangkalan militer permanen di Suriah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memperingatkan bahwa "Israel tidak akan membiarkan hal itu terjadi".

Iran sedang menghadapi tuduhan bahwa mereka sedang berupaya untuk memberikan pengaruh dan juga jalur pasokan logistik dari Iran ke gerakan Hizbullah Syiah di Lebanon.

Serangan Israel di Suriah bukanlah sesuatu yang aneh, kata koresponden Timur Tengah BBC Tom Bateman. Namun dia menambahkan bahwa penembakan jet tempur Israel adalah salah satu tindakan yang paling serius. [bbc/lat]

Komentar

x