Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 04:11 WIB
 

11 Negara Kirim Bantuan ke Palestina Gantikan AS

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 1 Februari 2018 | 11:54 WIB
11 Negara Kirim Bantuan ke Palestina Gantikan AS
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Geneva - Setelah AS membekukan dana bantuan bernilai $ 65 juta, sebelas negara Eropa dan Rusia ramai-ramai mengirimkan dana bantuan ke Palestina.

Bussiness Insider mengabarkan Rabu (31/1/208) empat negara di antaranya, yakni Switzerland, Finlandia, Denmar, Swedia, Norwegia dan Jerman serta Rusia telah mengirim paket bantuan dana ke Palestina pekan ini. Sedangkan empat negara lain: Belgia, Kuwait, Belanda dan Irlandia, akan mengiriman bantuan segera.

Ke-11 negara itu sepakat memberikan dana bantuan lebih dulu untuk program UNRWA, atau Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB yang dibentuk ujntuk membantu Palestina. Pierre Kraehenbuehl, Direktur UNRWA menjelaskan bahwa pemutusan bantuan oleh AS itu erat kaitannya dengan sikap PBB yang menolak tindakan Presiden Trump mendukung Jerusalem sebagai ibukota Israel. Karena itu, AS menahan dana $ 65 juta dari total $ 125 juta yang direncanakan dikirim ke UNRWA. Badan inilah yang mengurus pendidikan bocah Palestina di Timur Tengah.

"Keputusan AS untuk menahan bantuan itu, tidak berhubungan dengan pekerjaan kami di UNRWA," tutur Perre Kraehenbuehl. "Ini bagian dari perdebatan tentang Jerusalem sebagai ibukota Israel," tambahnya. Direktur UNRWA itu mengusulkan dana bantuan sebesar $ 800 juta kepada para pengungsi Palestina yang berdiam di Suriah, Lebanon, Yordania dan wilayah pendudukan di Israel.

Keputusan Trump mendukung Israel itu, dikecam sejumlah pemimpin Arab dan menimba kritik dunia. Pembekuan dana bantuan ke Palestina, dianggap mengancam negosiasi damai yang dilakukan Israel dan Palestina. Lebih dari 120 negara menentang keputusan Trump pada 22 Desember lalu, dan mendukung Resolusi PBB yang menuntut agar AS membatalkan keputusannya untuk mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Tags

Komentar

 
x