Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 22:36 WIB
 

Swedia Sebar Pamflet Berisi Panduan Hadapi Perang

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 23 Januari 2018 | 13:29 WIB
Swedia Sebar Pamflet Berisi Panduan Hadapi Perang

INILAHCOM, Stockholm - Pemerintah Swedia akan menyebarkan 4,7 juta selebaran ke rumah-rumah penduduk yang isinya panduan apabila terjadi perang.

NPR News mengabarkan Senin (22/1/2018), selebaran berjudul singkat: Bila Terjadi Perang! itu akan disebarkan sekitar akhir Mei nanti. Selebaran tersebut, antara lain berisi panduan tindakan yang harus dilakukan warga Swedia. Termasuk di antaranya, bagaimana cara menanggapi suara peringatan sirene dan barang apa saja yang harus dibawa selama evakuasi.

Selain itu, menurut Badan Kondisi Darurat Swedia, yang mengorganisasi penyebaran pamflet itu, selebaran itu juga memberi tips bagaimana menghadapi ancaman di era sekarang: Terorisme dan serangan siber, penularan penyakit atau virus, penyebaran hoax dan informasi palsu serta perubahan iklim.

"Kalau dulu kita terfokus pada masalah perang, namun kini ancaman terlibat lebih rumit dan kompleks," kata Christina Anderson Juru Bicara Badan Kondisi Darurat Swedia. "Warga ingin tahu lebih jauh dan lebih banyak cara menangani banyak hal," lanjutnya. Kepada kantor berita Associated Press, Christina mengungkapkan, penyebaran pamflet itu terpicu oleh situasi keamanan di sekitar Laut Baltik, "Terutama ketika Rusia melakukan berbagai kegiatan di kawasan itu," tutur Christina.

Seperti diketahui, Rusia meningkatkan kehadiran militernya setelah menyerobot Crimea dari tangan Ukraina dan melakukan tekanan terhadap tiga negara Baltic. Menteri Pertahanan Swedia, Peter Hultqvist menjelaskan, langkah mengembalikan kehadiran militer pernah dilakukan Swedia tahun lalu.

Namun rancangan yang disepakati parlemen Swedia tahun 2010 itu tidak jadi diterapkan, karena Swedia kekurangan personil militer. Karena itu, kini Swedia meminta warganya untuk turun tangan. "Bila masyarakat mengalami ancaman, maka warga harus ikut bertanggung jawab melindungi keluarganya. Ini merupakan kebutuhan fundamental," kata Peter Hultqvist.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x