Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 20:36 WIB

Kapal Mata-mata Rusia Bergerak ke Pantai Timur AS

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 19 Januari 2018 | 12:39 WIB
Kapal Mata-mata Rusia Bergerak ke Pantai Timur AS
(Foto: abcnews)

INILAHCOM, Washington DC - Departemen Pertahanan AS, Pentagon mengamati serius sebuah kapal pengintai Rusia yang tengah bergerak menuju Utara dari Laut Karibia.

Newsmax mengabarkan Kamis (18/1/2018), dua pejabat Pentagon melaporkan, kapal pengintai Rusia bernama Viktor Leonov tampak meninggalkan Port of Spain di Trinidad-Tobago, Senin lalu. Kapal berisi peralatan pengintai canggih itu bergerak setelah bersandar selama lima hari di kawasan itu.

Seorang pejabat bahkan menjelaskan, kegiatan kapal mata-mata itu dinilai mencurigakan. Sebab, Viktor Leonov bergerak dengan kecepatan tinggi ke arah utara menuju ke perairan Pantai Timur AS. "Padahal, biasanya kapal mata-mata Rusia itu melakukan kegiatan mata-matanya selama dua bulan di Pantai Timur AS," tutur Steffan Watkins, analis keamanan Canada.

Dalam penjelasannya, Watkins menambahkan, "Saya yakin, mereka tengah menjalankan misi untuk melakukan pengumpulan data kembali sejumlah peralatan sensor di bawah laut. Juga kabel-kabel sonar di bawah laut, radar, dan mengintai roket telemitri yang diluncurkan dari Cape Canaveral," kata Watkins.

Tahun 2017 lalu, Viktor Leonov juga bergerak sekitar 20 mil dari basis kapal selam militer AS di Kings Bay, Georgia. Basis militer ini merupakan pusat armada Atlantik kapal selam Trident berkekuatan nuklir. Sedangkan Kapal pengintai Viktor Leonov adalah salah satu kapal kelas Vishnya yang dibuat untuk memperkuat armada angkatan laut Rusia pada perang dingin Rusia-AS, tahun 1980-an.

Tags

Komentar

Embed Widget

x