Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 14:51 WIB

Menlu Jepang: Jangan Naif Tanggapi Korut

Kamis, 18 Januari 2018 | 09:14 WIB

Berita Terkait

Menlu Jepang: Jangan Naif Tanggapi Korut
Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Vancouver -- Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono, mengingatkan agar khalayak internasional "tidak naif" dalam menanggapi langkah Korea Utara yang sepakat berunding dengan Korea Selatan.

Melalui perundingan tersebut, Korut sepakat mengirim delegasi saat Korsel menggelar Olimpade Musim Dingin di Pyeongchang, Februari mendatang.

Namun, dalam pertemuan 20 negara di Vancouver, Kanada, Rabu (17/01), Kono mengimbau agar komunitas internasional jangan lengah.

"Saya paham beberapa orang berargumen bahwa karena Korea Utara terlibat dalam dialog antar-Korea, kita harus mengganjar mereka dengan mencabut sanksi-sanksi atau menyediakan semacam bantuan," ujarnya, seperti dikutip dari BBC.

"Sejujurnya saya menilai pandangan ini terlalu naif. Saya meyakini Korea Utara ingin mengulur waktu untuk melanjutkan program rudal nuklir mereka," sambungnya.

Pada pertemuan itu, para perwakilan 20 negara sepakat untuk meningkatkan tekanan terhadap Pyongyang. Namun, mereka juga mengutarakan sokongan untuk diskusi antara Korut dan Korsel yang sedang berlangsung.

Menlu Korsel, Kang Kyung-wha, mengutarakan keyakinannya bahwa beragam sanksi dan tekanan memainkan peranan dalam kesediaan Korut untuk berunding.

"Jelas bahwa upaya bersama komunitas internasional mulai menunjukkan buahnya," kata Kang.

Pertemuan 20 negara itu digelar AS dan Kanada. Adapun Cina dan Rusia, dua sekutu utama Korut, tidak diundang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Lu Kang, menegaskan pertemuan itu "tidak sah atau mewakili" karena pihak-pihak terkait Semenanjung Korea tidak ambil bagian. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x