Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 14:04 WIB

Mantan Agen CIA Curi Notes Berisi Data Rahasia

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 17 Januari 2018 | 13:59 WIB

Berita Terkait

Mantan Agen CIA Curi Notes Berisi Data Rahasia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Seorang mantan agen rahasia CIA didakwa mencuri dua buah notes berisi daftar nama aset dan fasilitas CIA dan menyerahkanya kepada pejabat Cina.

NBC News mengabarkan Selasa (16/1/2018), mantan agen CIA bernama Jerry Chun Shing Lee ditangkap Senin kemarin sesampai di New York, setelah terbang menggunakan pesawat Cathay Pasific dari tempat asalnya di Hong Kong. Lee, lelaki berusia 53 tahun didakwa dengan satu tuduhan, yakni mencuri dua buah notes yang berisi nama aset dan fasilitas CIA yang dirahasiakan.

Sejak 2012, Jerry Chun Shing Lee sebenarnya telah dicurigai petugas anti-intelijen asing. Lee kemudian ditawari sebuah pekerjaan bodong untuk mengetahui apakah mantan agen CIA yang sudah tidak aktif lagi punya niat mencuri data. Benar juga. Pada saat berlibur ke Hawaii dan Virginia pada 2012, Lee pun dikuntit.

"Foto-foto yang diambil selama ia di Hawaii dan Virginia membuktikan bahwa Lee mengambil dua buah notes. Isinya antara lain alamat dan fasilitas CIA yang dianggap rahasia," bunyi tuduhan di pengadilan.

"Buku notes itu ditulis tangan yang berisi informasi tentang adanya pertemuan rahasia, lokasi dan nomor-nomor telepon rahasia serta fasilitas lainnya," bunyi tuduhan tersebut. Dalam notes setebal 21 halaman itu juga berisi nama-nama agen dan petugas CIA yang menyamar dan fasilitas serta alamat mereka,'' sambung tuduhan itu.

Sejumlah sumber yang terlibat dalam kasus ini mengungkapkan bahwa besar kemungkinan Jerry Chun Shing Lee tidak dikenai tuduhan mata-mata dengan ancaman hukuman mati. Sebab, Pemerintah AS tidak memiliki cukup bukti bahwa Shing Lee akan menyerahkan dua notes itu ke pihak China.

Seperti diketahui, China sering meretas komunikasi milik CIA yang digunakan untuk berhubungan dengan pejabat China. "Besar kemungkinan CIA diretas, dan Lee juga membongkar rahasia CIA ke pejabat China," kata sumber tadi.

Jerry Chun Shing Lee bertugas sebagai pejabat CIA sejak tahun 1994. Lee lulus dari Hawaii Pacific University pada 1992 dengan gelar Manajemen Bisnis Internasional. Setahun kemudian Lee menerima gelar master bidang Human Resource Management, sebelum direkrut menjadi anggota CIA.

Komentar

Embed Widget
x