Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 20:32 WIB
 

Cina Utus Jenderal AU Tangani Laut China Selatan

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 3 Januari 2018 | 12:42 WIB
Cina Utus Jenderal AU Tangani Laut China Selatan
Letnan Jenderal Xu Anxiang - (Foto: scmp)

INILAHCOM, Beijing - Seorang jenderal angkatan udara, dan seorang ahli Laut China Selatan diterjunkan dalam jajaran pejabat tinggi militer Partai Komunis China.

Harian South China Morning Post mengabarkan Selasa (2/1/2017) pejabat itu adalah Letnan Jenderal Xu Anxiang, 61, yang dikenal sebagai panglima Angkatan Udara Komando Kawasan Selatan China. Xu Anxiang menjadi salah satu dari 10 anggota komite angkatan udara Partai Komunis China. Komite ini merupakan komando tertinggi Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China yang memiliki tanggungjawab nasional dan membawahi bidang logistik serta persenjataan dan strategi. Xu Anxiang merupakan satu-satunya anggota yang memiliki keahlian di bidang regional.

Analis militer Zeng Zhiping dari Institut Teknologi Nanchang menjelaskan, angkatan udara China membutuhkan perwira tinggi seperti Xu karena mengetahui seluk beluk Laut China Selatan. "Pengalihan tugas Xu Anxiang di komite itu, menunjukkan perubahan strategi militer yang dilakukan Pemerintah Beijing," kata Zeng Zhiping. Dalam Kongres Partai Komunis China, Oktober lalu, Xu telah diangkat menjadi salah satu dari 205 anggota elite Komite Sentral PKC.

Di salah satu blognya, Angkatan Udara China menuliskan Xu Anxiang sering terlibat dalam latihan penerbangan rutin di Laut China Selatan. "Beliau menyatakan diri untuk siap memenangkan peperangan," tulis blog tersebut.

Sedangkan dalam uraiannya, Xu Anxiang menjelaskan melakukan patroli dan latihan di kawasan perairan yang jauh merupakan kunci untuk mempersiapkan diri menghadapi konflik militer dengan negara asing. "Ini adalah satu-satunya jalan bagi China membangun angkatan udara yang kuat," sambungnya. Di Laut China Selatan, Pemerintah Beijing berhadapan dengan sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Filipina, Malaysia dan Indonesia serta Vietnam.

Sementara itu, Mayor Jenderal Yu Qingjiang, juga diangkat pula dalam komisi itu. Yu adalah pilot pesawat tempur berpengalaman yang menjadi Kepala Staf Angkatan Udara di Tentara Pembebasan Rakyat China. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x