Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 06:01 WIB

ISIS Sudah Terusir dari Tanah Irak

Minggu, 10 Desember 2017 | 00:52 WIB

Berita Terkait

ISIS Sudah Terusir dari Tanah Irak
Pasukan Irak saat perang melawan ISIS - (Foto: cnn)

INILAHCOM, Baghdad -- Setelah bertempur sejak tahun 2014, hari Sabtu (09/12/2017) sore, PM Irak Haider al-Abadi mengumumkan negaranya sudah mengakhiri perang melawan ISIS.

Abadi yang berbicara pada konferensi pers mengatakan, pasukannya sudah menguasai semua wilayah yang sempat diduki oleh ISIS.

"Pasukan Irak sudah menguasai sepenuhnya perbatasan Irak dengan Suriah," kata Abadi.

Seorang panglima militer Irak mengukuhkan bahwa operasi tempur sudah diselesaikan dan perkembangan itu merupakan akhir perang militer melawan ISIS.

"Semua wilayah Irak telah dibebaskan dari gerombolan teroris dan pasukan kita menguasai sepenuhnya perbatasan internasional Irak-Suriah," kata Letnan Jenderal Abdul-Amir Rasheed Yar Allah dalam pernyataan yang dikeluarkan tidak lama setelah pidato al-Abadi, seperti dikutip VOA.

Koalisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada Irak "atas kemenangan besar" itu.

"Kita mendukung rakyat Irak sementara mereka menyiapkan keadaan yang sesuai dengan masa depan yang aman dan makmur," kata pernyataan itu yang dimuat di Twitter.

Sejak pertengahan tahun 2014, militant ISIS merebut hampir sepertiga wilayah Irak, termasuk Mosul, kota kedua terbesar negara itu. [lat]

Komentar

Embed Widget
x