Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 00:13 WIB
 

Korup, Anggota Partai Komunis Vietnam Dipecat

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 9 Desember 2017 | 14:06 WIB
Korup, Anggota Partai Komunis Vietnam Dipecat
Dinh La Thang - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Hanoi - Majelis Nasional Vietnam memberhentikan Dinh La Thang, dari jabatannya sebagai pejabat tinggi politbiro Partai Komunis Vietnam karena melakukan penyelewengan dana Petro Vietnam, perusahaan minyak Vietnam.

Kantor berita Reuters mengabarkan Jumat (8/12/2017), Dinh La Thang, 56, juga dicoret namanya sebagai Ketua Partai Partai Komunis Vietnam Kota Ho Chi Minch. Dinh La Thang adalah pejabat senior Vietnam yang tertangkap dalam upaya pembasmian korupsi di bidang energi dan perbankan Pemerintah Hanoi.

Belum diketahui berapa besar dana yang diselewengkan Dinh La Thang. Namun Petro Vietnam, perusahaan minyak dan gas Vietnam itu, mengalami kebocoran dana ratusan miliar. Polisi juga tengah mengusut dua kasus korupsi yang terjadi selama Dinh La Thang menjabat sebagai Direktur Utama Petro Vietnam. Sejumlah investasi di sebuah bank domestik juga diduga hilang. Sementara itu, Petro Vietnam Construction Joint Stock Corp, anak perusahaan Petro Vietnam di bidang konstruksi juga mengalami kebocoran cukup besar.

Petro Vietnam adalah perusahaan gas dan minyak milik negara Vietnam yang didirikan pada tahun 1977. Selain mengontrol eksplorasi minyak dan gas negara, Petro Vietnam juga mengendalikan seluruh eksplorasi dan pengolahan serta distribusi minyak dan gas. Perusahaan negara itu juga melakukan eksplorasi dengan Malaysia, Indonesia, Mongolia, Myanmar dan Algeria. Hingga tahun 2012, penghasilan perusahaan minyak dan gas itu meraih pendapatan sebesar $ 37 miliar.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x