Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 April 2018 | 18:49 WIB
 

Kamboja Kembali Kirim TKW ke Malaysia Tahun Depan

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 30 November 2017 | 13:58 WIB
Kamboja Kembali Kirim TKW ke Malaysia Tahun Depan
(Foto: thesundaily)

INILAHCOM, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia akan mendatangkan 20 ribu pembantu rumah tangga asal Kamboja mulai awal tahun 2018 mendatang.

The Sun Daily memberitakan, kesepakatan itu dicapai dalam penanda tanganan Kesepakatan Bersama, MOU antara Malaysia dan Kamboja di Kuala Lumpur, Rabu (29/11/2017). "Kami berharap dapat membawa 20 ribu orang karena Malaysia kekurangan pramuwisma," tutur Jeffrey Foo. Presiden Asosiasi Pramuwisma Asing di Malaysia, PAPA itu lebih lanjut mengungkapkan, "Meskipun masih ada masalah, namun kami mampu meningkatkan industri pramuwisma di Malaysia," kata Jeffrey Foo.

Dalam kesepakatan yang disaksikan Menteri Tenaga Kerja Kamboja, Ith Sam Heng, disebutkan PAPA akan melengkapi telepon genggam berisi berbagai aplikasi bagi setiap pramuwisma Kamboja. Telpon pintar itu antara lain berisi aplikasi keamanan badan pengerah tenaga kerja setempat. Selain itu, para pramuwisma dapat membuka akun bank, yang akan dipantau oleh agen pengirim tenaga kerjanya, setiap bulan. Setiap pramuwisma diberi penasehat hukum bila terjadi perselisihan dengan induk semangnya.

"Hal ini dilakukan untuk menjamin para tenaga kerja asing mendapatkan perlindungan keselamatan," kata Jeffrey Foo. "Mereka juga mendapatkan pelayanan yang layak selama bekerja di luar negeri. Para pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja asing harus mematuhi peraturan Pemerintah Malaysia dan Pemerintah Kamboja,"sambung Jeffrey Foo.

Pengiriman tenaga kerja Kamboja ke Malaysia dihentikan awal 2000, karena banyaknya kasus penyiksaan pembantu oleh para majikan di Malaysia. Sejumlah TKW asal Kamboja melarikan diri karena gaji mereka yang cuma US$120 per bulan atau sekitar Rp1,5 juta tidak dibayarkan.

Kondisi tempat kerja yang buruk dan mengalami penyiksaan setiap hari, membuat banyak TKW pulang ke Kamboja, walaupun baru bekerja kurang dari setahun. Sejak itu, Pemerintah Kamboja menghentikan pengiriman TKW ke Malaysia. Setelah sejumlah persyaratan dipenuhi pihak Malaysia, para TKW Kamboja diizinkan kembali berkarya di Malaysia tahun 2018 nanti.

Komentar

 
Embed Widget

x