Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 16:14 WIB

Puluhan Ribu Tentara Asing Masih Berada di Suriah

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 29 November 2017 | 14:43 WIB

Berita Terkait

Puluhan Ribu Tentara Asing Masih Berada di Suriah
(Foto: fox)

INILAHCOM, Damascus - Ribuan tentara asing masih berada di Suriah walaupun telah berhasil mengalahkan gerombolan militan Negara Islam ISIS.

Fox News mengabarkan Selasa (28/11/2017) di antara tentara asing itu adalah prajurit AS. Pada saat Presiden Obama meninggalkan Gedung Putih, AS hanya menempatkan 503 prajurit di Suriah. Namun kini, jumlahnya meningkat mencapai lebih dari 1.500 personil, termasuk pasukan khusus, unit artileri marinir, pasukan pengendali udara dan unit lainnya. Mereka yang jumlahnya ribuan itu, tersebar di belasan basis militer yang terletak di Utara Suriah.

Pejabat militer AS memiliki rencana untuk tetap mempertahankan kehadiran tentara AS di Utara Suriah hingga penyelesaian konflik secara menyeluruh dapat terwujud. "Kami tidak bisa melangkah pergi begitu saja sebelum proses Jenewa terpecahkan," kata Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, menyebut perundingan Jenewa yang tengah berlangsung. Sementara itu, gerilyawan Kurdi meminta AS tetap berada di Suriah, karena khawatir pasukan Suriah akan menyerbu teritorial Kurdi di Utara Suriah.

Sementara itu, pasukan Rusia yang masih berada di Suriah diperkirakan mencapai 4.300 personil. Jumlahnya diperkirakan lebih banyak lagi, mengingat tentara Rusia akan mengerahkan polisi militer untuk mengawasi zona-zona yang mulai aman di Suriah. Pantauan satelit dan video dari basis angkatan udara Hemeimeem - pusat militer Rusia di Suriah - mengindikasikan bahwa Rusia masih memiliki belasan jet tempur dan helikopter militer. Rusia juga menempatkan satuan khusus untuk melakukan pemantauan intelijen dan koordinasi serangan udara.

Yang terbanyak adalah kehadiran tentara Iran di Suriah. Untuk mempertahankan posisi Bashar al-Assad di kursi kepresidenan Suriah, Iran diperkirakan mengerahkan belasan ribu tentaranya. Tak jelas pastinya. Namun pejabat Iran menyebutkan seribu pejuang Iran terbunuh di Suriah dan Irak setelah mereka diterjunkan mempertahankan masjid-masjid Syiah. Puluhan ribu milisi bersenjata Suriah yang dikenal sebagai Pasukan Pertahanan Nasional di seluruh Suriah, juga didukung oleh kelompok milisi Syiah Iran dan pejuang Hezbollah dari Lebanon.

Komentar

Embed Widget
x