Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 14:40 WIB

Pembunuh Dua Perempuan Indonesia Naik Banding

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 28 September 2017 | 12:52 WIB

Berita Terkait

Pembunuh Dua Perempuan Indonesia Naik Banding
Rurik Jutting (baju hitam) - (Foto: The Guardian)

INILAHCOM, Hong Kong - Rurik Jutting, bankir Inggris yang membunuh dua perempuan Indonesia pada 2014 lalu, dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Negeri Hong Kong, Rabu (27/9/2017).

The Guardian mengabarkan, Rurik bekas karyawan Bank of America Merril Lynch mengaku membunuh Sumarti Ningsih dan Seneng Mujiasih pada 2014. Dalam pengadilan kali ini, Rurik melakukan naik banding. Padahal, sebelumnya, dalam pengadilan yang digelar tahun 2016, Rurik, 31, menerima keputusan pengadilan. Tapi entah kenapa, kali ini ia naik banding. "Dewan Juri telah mengeluarkan keputusannya. Tapi waktu itu, saya tidak dapat melakukan keberatan atas putusan tersebut," kata Rurik.

Kini, menurut pleidoinya, "Saya tidak merasa bersalah" atas pembunuhan yang saya rekam di telepon iPhone saya. Menurut Tim Owen QC, pengacaranya dari Inggris, Rurik Jutting baru saja sembuh dari pikirannya yang kusut, sehingga hukumannya perlu diperingan.

Biasanya hukuman itu berupa hukuman penjara dan hukuman luar, namun hakim pengadilan memutuskan agar Rurik Jutting menjalani hukumannya tetap di dalam Penjara Stanley. Sebuah penjara kolonial di Hong Kong dengan penjagaan super ketat.

Saat menjatuhkan vonisnya, Hakim Michael Stuart-Moore menjelaskan, "Selama persidangan, kami berhasil menggali penjelasannya yang dalam saat menyiksa kedua korbannya," kata hakim. "Dia menggambarkan dirinya sebagai seorang monster jahat, yang tidak dapat dibandingkan dengan makhluk jahat lainnya. Terdakwa adalah predator seksual," tutur Hakim Michael Stuart-Moore. Sidang lanjutan diperkirakan akan digelar 12 Desember mendatang.

Komentar

Embed Widget
x