Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 22:48 WIB
 

Putin Mengajar di Hari Pertama Sekolah Rusia

Oleh : Didi Prambadi | Senin, 4 September 2017 | 11:26 WIB
Putin Mengajar di Hari Pertama Sekolah Rusia
(Foto: dw)

INILAHCOM, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pengajaran di sebuah sekolah di kota Yaroslav, Rusia, Jumat (1/9/2017).

Deutsche Welle melaporkan, pengajaran itu diberikan Putin untuk menandai hari pertama sekolah di Rusia yang biasa digelar pada 1 September setiap tahun. Para pelajar yang baru masuk, akan mengenakan pakaian baru dan membawa bunga bagi para gurunya.

Dalam kesempatan itu, Putin antara lain mendiskusikan tentang masa depan inovasi bisnis yang tengah digalakkan Rusia. "Coba lihat apa yang terjadi di dunia. Kita selalu menyebut Rusia sebagai salah satu negara besar. Sebutan itu memang benar," kata Putin dalam sesi setengah jam pertama.

Dalam pengajaran yang disiarkan ke sejumlah sekolah itu, Putin juga menegaskan, "Bila kita bisa bertahan hingga seribu tahun dan mampu mengembangkan diri secara sukses dan menjadi lebih kuat, maka kita akan menjadi kuat," katanya.

Kunjungannya ke sekolah, bukan kali ini saja dilakukan Putin. Bulan Juli lalu misalnya, Pemimpin Rusia itu mengunjungi Sirius, sebuah sekolah elite di Sochi yang dibangun bagi anak-anak Rusia berbakat. Dalam kesempatan itu, Putin menjelaskan jadual kerjanya yang ketat. "Setiap hari saya bekerja hingga jauh malam. Karena itu, saya tidak punya waktu untuk membuka Instagram," katanya. "Tiga nilai utama yang ada pada diri saya adalah Kehidupan itu sendiri, cinta dan kebebasan," kata Putin.

Tak urung, banyak pihak yang menilai kunjungannya ke sekolah-sekolah tak terlepas dari upayanya menghadapi Pemilu Presiden bulan Maret 2018. "Itu bagian dari kampanye. Tidak diragukan lagi," kata Alexander Baunov. Peneliti senior di Carnegie Institute di Moskow itu menganggap, Putin menggunakan taktik menggelar pertemuan publik sebagai bagian kampanye yang efektif. "Dia menggunakan pelajar untuk menunjukkan langkahnya yang efektif, dan mengetahui masalah rakyat banyak, dan ia bisa menyelesaikannya secara efektif," tutur Baunov.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x