Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 10:54 WIB

Banyak Warga Kuwait Menyimpan Dana di Iran

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 6 Januari 2018 | 11:10 WIB

Berita Terkait

Banyak Warga Kuwait Menyimpan Dana di Iran
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Kuwait City - Ternyata banyak warga Kuwait yang menanamkan uangnya di sejumlah bank Iran karena tingkat suku bunganya cukup tinggi, dibanding bank-bank di Timur Tengah lainnya.

Arab Times Online mengabarkan Jumat (5/1/2018), bunga setinggi 22% per bulan di bank Iran menjadi daya tarik bagi warga Kuwait. Jumlahnya, menurut harian Al-Rai, akan terungkap dalam waktu dekat. Menurut analisa harian Arab Times, para penanam dana Kuwait itu, ramai-ramai menarik uangnya dari Iran, karena khawatir nilai mata uang Iran bakal anjlok setelah kerusuhan unjuk rasa di dalam negeri.

Seorang pejabat ahli pencucian uang mengungkapkan, deposito warga Kuwait di Iran mencapai ratusan juga dolar. Pengamatan yang dilakukan belakangan ini, menunjukkan deposito yang ditanam di Iran semakin tinggi, setelah lembaga keuangan Iran menawarkan suku bunga sampai 22%. Jauh lebih tinggi dibandingkan suku bunga di bank-bank Kuwait dan Timur Tengah lainnya.

Pengamat tersebut juga menjelaskan bahwa pengiriman dana dari Kuwait semakin mudah dewasa ini, karena dapat dilakukan lewat internet. Terutama oleh sejumlah perusahaan penukaran mata uang yang diawasi oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Iran. Pengamat itu juga menjelaskan bahwa kegiatan perdagangan mata uang juga dilakukan bagi mata uang negara-negara Teluk.

Perusahan pedagang valas mengirim dana ke Iran, lewat sejumlah perwakilan Iran di negara-negara Teluk. Dana yang ditransfer secara ilegal itu tidak dijamin terkirim secara aman di Kuwait atau Iran, karena kontrak antara penanam dana dan bank tidak dilakukan secara resmi. Maklum, para penanam dana bisa dikenai tuduhan pencucian uang dan pendanaan terhadap kelompok teroris.

Komentar

Embed Widget
x