Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 09:21 WIB
 

Trump Canangkan Empat Strategi Keamanan Nasional

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 19 Desember 2017 | 13:27 WIB
Trump Canangkan Empat Strategi Keamanan Nasional
(Foto: independent)

INILAHCOM, Washington DC - Presiden Donald Trump mencanangkan strategi keamanan nasional dan mengedepankan kebijaksanaan 'Utamakan Amerika', dan menekankan kekuatan keamanan dan ekonomi AS

Fox News mengabarkan, hal itu diucapkan Trump dalam pidato yang disampaikan Senin (18/12/2017). Dalam pidato selama 20 menit tersebut, Trump mengungkapkan empat prinsip utama. Yakni: Melindungi keamanan dalam negeri dengan mengetatkan pengawasan imigrasi; Menekan mitra dagang AS; Membangun kekuatan militer; dan Meningkatkan pengaruh AS secara global. "Amerika akan kembali berjaya. Amerika menjadi kuat kembali!" kata Trump.

Dalam dokumen setebal 68 halaman yang diserahkan ke Kongres, sebelum pidatonya, Presiden Trump menuliskan bahwa "China dan Rusia menantang kekuasan, pengaruh dan kepentingan AS, dengan mencoba mengikis kemakmuran dan keamanan Amerika," tulis dokumen tersebut. "Mereka bertekad mengekang kebebasan ekonomi dan keadilan, untuk menumbuhkan militerisme mereka, serta mengendalikan informasi dan data untuk menekan warga mereka dan memperluas pengaruhnya," tulis dokumen itu.

Dalam dokumen tadi, Presiden Trump juga menuduh "China dan Rusia mengembangkan dan kemampuan persenjataannya, yang bakal mengancam infrastruktur dan jaringan komando serta kendali militer kita," tulisnya. Selain itu, Trump menyinggung kebangkitan nuklir Korea Utara sebagai langkah agresi dan mengecap China dan Rusia sebagai rival AS.

Yang patut disayangkan, Trump tidak menyinggung sama sekali kasus campur tangan Rusia dalam Pilpres 2016 yang kini tengah ramai dibicarakan di panggung politik AS. Bahkan Trump juga tidak menyinggung pembicaraan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dua pekan lalu. Sebaliknya, Trump malah menyebut aksi teror jihad sebagai ancaman dari kelompok teror Islam bagi AS.

Strategi Nasional AS yang diungkap Presiden Trump itu, merupakan salah satu dari sejumlah laporan Pemerintah AS yang akan dikeluarkan selama beberapa pekan mendatang. Isinya, diperkirakan menyangkut tentang kebijaksanaan anti-terorisme, pertahanan menghadapi serangan nuklir, peluru kendali dan aksi teror lainnya.

Tags

Komentar

x