Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 11:11 WIB

Para Raja Hadiri Pemakaman Raja Rumania

Minggu, 17 Desember 2017 | 06:08 WIB

Berita Terkait

Para Raja Hadiri Pemakaman Raja Rumania
Upacara Pemakaman Raja Michael dari Rumania - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bukares -- Pangeran Charles dari Inggris, Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan istri, Silvia, serta mantan raja Spanyol Juan Carlos dan istri, Sofia, menghadiri acara pra-pemakaman Raja Michael di Istana Kerajaan Rumania, Bukares, Sabtu (16/12/2017), atau Minggu (17/12/2017) WIB.

Selain mereka, juga hadir keluarga kerajaan non-Eropa, seperti Putri Muna al-Hussein, ibu Raja Yordania Abdullah II.

Michael, yang memerintah Rumania dua kali sebelum dipaksa mundur oleh komunis pada 1947, meninggal pada usia 96 tahun di Swiss bulan ini.

Beberapa jam sebelum peti jenazah Michael dibawa ke luar istana, ribuan warga Rumania berkumpul dalam suasana tenang namun dipenuhi tangisan di Lapangan Revolusi. Lonceng-lonceng gereja didentangkan di berbagai penjuru negara itu sementara paduan suara berkumandang ketika peti itu ditempatkan di tengah lapangan tersebut.

Kerumunan orang-orang yang berkabung itu kemudian bersorak dan meneriakkan ucapan "Raja Michael" berulangkali ketika jenazah itu kemudian dibawa sebuah jip militer ke gereja di mana ia akan dimakamkan. Lima putri Michael dan cucunya, Medforth-Mills, yang telah dicabut gelarnya karena memiliki anak di luar perkawinan, berjalan kaki di belakang jip pengangkut peti jenazah. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x