Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 16:36 WIB

Beijing Kirim Pesawat Tempur ke Perbatasan Taiwan

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 13 Desember 2017 | 19:46 WIB

Berita Terkait

Beijing Kirim Pesawat Tempur ke Perbatasan Taiwan
(Foto: U.S. Navy/Wikimedia CC-PD-Mark)

INILAHCOM, Beijing - Puluhan pesawat tempur, pengebom dan pesawat pengintai China melakukan manuver dekat perbatasan Jepang dan Taiwan.

Express.co.uk mengabarkan, aksi militer itu diakui oleh pihak militer China, Selasa (12/12/2017). "Kami lakukan pengintaian rutin dan terencana untuk melakukan patroli menjaga kedaulatan dan teritorial China," kata Shen Jinke, Juru Bicara Angkatan Udara China. Di antara pesawat tempur yang dikerahkan, termasuk pengebom H-6K, pesawat tempur Su-30 dan J-11, sejumlah pesawat pengintai dan pesawat pengisi bahan bakar di udara.

Manuver militer itu dilakukan setelah seorang diplomat senior China mengancam akan melakukan invasi militer ke Taiwan, bila kapal perang AS berkunjung ke Taiwan. "Begitu kapal perang AS tiba di Kaohsiung, Taiwan maka Angkatan Perang Pembebasan Rakyat China akan menyatu dengan kekuatan militer Taiwan," kata Li, diplomat China yang disingkat namanya itu.

Kunjungan kapal perang AS ke Taiwan berlangsung setelah Akta Otoritasi Pertahanan Nasional AS diloloskan Kongres, September lalu. Dalam akta tersebut, Taiwan dan AS saling mengunjungi. Hal itu membuat Pemerintahan Presiden Xi Jinping naik darah dan mengeluarkan ancaman lewat diplomat seniornya.

Bahkan China menuduh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bermaksud mendeklarasikan kemerdekaan Taiwan secara resmi kepada dunia. Padahal, "China Daratan tidak pernah angkat tangan atas opsi reunifikasi lewat kekuatan militer," bunyi editorial Global Times, koran berpengaruh yang diterbitkan Partai Komunis China.

Karena itulah, pesawat militer China terbang di atas Selat Miyako di Selatan Jepang dan Jalur Bashi yang terletak di antara Taiwan dan Filipina, "Mencoba keampuhan angkatan udara melakukan pertempuran," kata Shen Jinke.

Komentar

Embed Widget
x