Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 10:31 WIB
 

PBB: Stop Kekerasan Terhadap Rohingya

Oleh : - | Rabu, 13 Desember 2017 | 16:56 WIB
PBB: Stop Kekerasan Terhadap Rohingya
Pengungsi Rohingya - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington -- Dewan Keamanan PBB diminta segera menekan Pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan kekerasan terhadap etnis minoritas Rohingya.

Utusan PBB urusan Kekerasan Seksual dalam Kawasan Konflik PBB Pramila Patten menyatakan kekerasan terhadap warga sipil di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, telah mengakibatkan lebih dari 626.000 orang Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh sejak Agustus.

"Saya mendesak badan ini untuk melakukan segalanya, untuk mengakhiri kekejaman, menjamin tersangka pelaku kekerasan seksual dan lainnya dibawa ke pengadilan. Ini untuk menciptakan kondisi bagi masa depan yang aman dan bermartabat bagi para korban yang selamat," kata Pramila Patten kepada Dewan Keamanan PBB di Washington waktu setempat, atau Rabu (13/12/2017) WIB.

Ia minta anggota Dewan Keamanan PBB untuk melihat langsung situasi di Myanmar dan di kamp-kamp pengungsi di Cox's Bazaar di Bangladesh.

Patten mengatakan bahwa pihak berwenang Myanmar telah mengundang dia untuk mengunjungi Naypyidaw dan Yangon akhir pekan ini, mulai14 Desember sampai 16 Desember.

"Saya berencana untuk bertemu dengan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, dan juga para pejabat militer dan keamanan," katanya, seperti dikutip dari VOA. [voa/lat]

Komentar

 
Embed Widget

x