Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 16:41 WIB

Trump Jr Dituding Beri Keterangan Palsu di Kongres

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 8 Desember 2017 | 14:16 WIB

Berita Terkait

Trump Jr Dituding Beri Keterangan Palsu di Kongres
Donald Trump Jr - (Foto: loopnews)

INILAHCOM, New York - Pertemuan antara Donald Trump Jr dengan pengacara Kremlin di Trump Tower, Juni 2016, ternyata diikuti dengan komunikasi lewat surat elektronik antara kedua grup tersebut.

Hal itu diungkap oleh CNN dalam laporan eksklusifnya Kamis (7/12/2017). Rob Goldstone, yang mengatur pertemuan di Trump Tower itu diketahui mengirim surat ke Dan Scavino, kini jadi Direktur Medsos di Gedung Putih agar membujuk Presiden Trump memasang sebuah tulisan di situs VK. Ini adalah situs medsos Rusia yang cukup kondang.

Malah dalam surat tersebut. Rob Goldstone menyebutkan, Trump Jr dan Manafort setuju dengan ide pemasangan artikel itu. Rob Goldstone menyarankan pemasangan tulisan itu dilakukan, agar hubungan AS dan Rusia semakin erat. Bahkan Rob merasa, ide itu sebagai ide pemasaran yang cukup brilian.

Tentu saja hal ini menghebohkan Gedung Putih. Maklum, dalam pemeriksaan dengan komisi Kongres, Trump Jr mengaku tidak melakukan hubungan komunikasi lagi dengan pihak Rusia. Jadi, apakah Trump Jr memberi keterangan palsu kepada Komisi Kongres? Belum tentu. Sebab menurut CNN, tidak ada email langsung yang dikirim Trump Jr.

Lima hari setelah pertemuan Trump Tower itu, Rob Goldstone juga mengirim email lengkap dengan artikel terbaru. Yakni kabar bahwa peretas Rusia berhasil membobol komputer Komisi Nasional Demokratik, kepada Emin Agarov, salah satu kliennya dari Rusia dan Ike Kaveladze, seorang warga Rusia yang menghadiri pertemuan Trump Tower.

Surat elektronik itu ditemukan oleh salah seorang penyelidik Kongres dan membawanya ke dalam dengar pendapat tertutup dengan Trump Jr, Rabu kemarin. Dalam pertemuan itu, Trump Jr dinilai memberikan keterangan yang simpang siur tentang pertemuan di Trump Tower tahun 2016. Hal itu, tentu saja melemahkan Trump Jr, mengingat ia telah mengangkat sumpah resmi untuk memberikan keterangan secara jujur. Bila hal itu terbukti, Trump Jr dapat dikenai tuduhan melakukan kriminal.

Komentar

Embed Widget
x