Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 10:17 WIB

Vladimir Putin Ikut Pilpres Rusia 2018

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 8 Desember 2017 | 13:44 WIB

Berita Terkait

Vladimir Putin Ikut Pilpres Rusia 2018
Vladimir Putin - (Foto: indianexpress)

INILAHCOM, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan niatnya untuk memperpanjang masa jabatannya hingga tahun 2024 mendatang, dalam pilpres yang digelar tahun depan..

International Business Times mengabarkan Kamis (7/12/2017), hal itu diungkapkan Putin dalam kunjungannya ke pabrik mobil GAZ di Kota Nizhny Novgorod. "Ya, saya akan mencalonkan diri sebagai kandidat presiden," katanya.

Niat itu diutarakan setelah salah satu pemimpin GAZ meminta Putin untuk memberikan hadiah dan mengumumkan keputusannya, sambil meyakinkan Putin, setiap orang bakal mendukungnya. Putin pun mengabulkan permintaan petinggi GAZ itu.

Dalam kesempatan lain, Putin menjelaskan kepada para veteran dan pekerja pabrik agar aktif terlibat dalam setiap tantangan. "Bagaimanapun sulitnya, kita bisa hadapi. Sebab Rusia terdiri dari para dokter, guru, ilmuwan, insinyur, disainer dan profesi lainnya," tambah Putin.

Saat menghadiri sebuah acara penghargaan bagi para relawan Rusia 2017, Putin juga mendapat dukungan untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Ketika ditanya apakah para relawan itu bersedia mendukungnya, mereka menjawab serentak, "Ya!!!".

Poll pendapat yang digelar stasiun televisi VTSIOM menunjukkan bahwa Putin mendapat dukungan 82% warga Rusia. Vladimir Putin yang kini berusia 65 tahun tersebut diperkirakan akan mendapat dukungan untuk menjadi Presiden Rusia ke-6 kalinya. Pilpres 2018 yang digelar sekitar 18 Maret, bakal menjadikan Putin sebagai presiden untuk keempat kalinya. Pada 2000 hingga 2008, Putin menjadi Presiden, dan pernah menjadi Perdana Menteri Rusia dari 2008 hingga 2012.

Beberapa warga Rusia lain juga ikut mencalonkan diri sebagai kandidat independen. Mereka antara lain Gennady Zyuganov, Ketua Partai Komunis Rusia, juga ada Vladimir Zhirinovsky dari Partai Liberal Demokrat, lalu Ekaterina Gordon, wartawan sekaligus penyanyi dan pengarang lagu. Ada pula Grigory Yavlinsky, Partai Liberal Yabloko, juga Boris Titus, pengusaha Rusia serta Ksenia Sobchak, salah seorang aktivis.

Komentar

Embed Widget
x