Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 06:17 WIB

Buku Dongeng Mampu Tingkatkan Intelektualitas Anak

Oleh : Aris Danu | Jumat, 8 Desember 2017 | 00:32 WIB
Buku Dongeng Mampu Tingkatkan Intelektualitas Anak
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Era digital menjadi tantangan berat bagi para orang tua dalam memberikan pendidikan dasar di lingkungan keluarga. Hadirnya gawai atau gadget bagi anak akan membuat mereka semakin jauh dengan buku bacaan dan malas untuk membaca.

Melihat fakta itu, kreditcepat.id yang merupakan platform layanan peminjaman dana cepat berbasis online menggelar program #KREDITCEPATBERBAGICEPAT Donasi 1000 Buku Unuk Anak Indonesia. Program ini merupakan bagian dari CSR perusahaan Alfa Finance Group ini dalam komitmennya untuk berkontribusi meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat buku bacaan.

Dalam program ini, kreditcepat.id menggandeng Yayasan Taman Baca Inovator (TBI) untuk membantu mendistribusikan 1000 buku kepada 23 taman bacaan di Indonesia. Hal ini untuk membantu anak-anak di daerah yang tidak memiliki akses mudah untuk membeli atau meminjam buku.

"Banyak sekali anak-anak yang sulit memperoleh buku bacaan di pedalaman. Hal ini menghambat anak-anak untuk menambah wawasan dan ilmu. Dengan donasi Kreditcepat.id, TBI akan membelikan dan mengirimkan buku-buku anak yang berkualitas untuk membuka pikiran anak-anak agar bertambah pengetahuannya. Lebih dari 5.000 anak akan membaca buku ini," kata Yessi selaku perwakilan dari TBI dalam acara penyerahan simbolis Donasi 1000 Buku dari Kreditcepat.id kepada Yayasan Taman Baca Inovator di Cipete, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dalam hal ini, lanjut Yessi, peran orang tua sebagai contoh utama anak sangat berpengaruh untuk dapat menanamkan minat baca pada anak.

"Bagaimana orang tua dalam memberikan pemahaman dan pendampingan anak agar mau membaca ini sangat penting," ujarnya.

Sementara itu Ingars Zagorskis selaku co-founder dari Alfa Finance Group yang juga menjabat sebagai Southeast Asia Regional Director sependapat dengan Yessi. Dalam hal ini, kata Ingars, buku cerita atau dongeng menjadi senjata ampuh bagi orang tua dalam mengenalkan dan memberi semangat minat baca pada anak.

"Menanamkan minat baca kepada anak membutuhkan peran orangtua yang aktif. Selain memberikan contoh nyata bahwa kita suka membaca, kita juga harus membacakan cerita untuk anak, tentunya dengan memilih buku dan cerita yang sesuai dengan umur anak. Hal ini harus menjadi bagian penting dari kegiatan quality time antara anak dan orangtua setiap harinya. Membacakan cerita terbukti menambah tingkat intelektualitas anak," papar Ingar.

Pada kesempatan tersebut Ingars juga membacakan dongeng untuk puluhan anak yang merupakan perwakilan dari Bogor. Untuk diketahui, 1000 buku yang didonasikan merupakan usaha bersama atau hasil kolektif dari klien Kreditcepat.id, setiap peminjam dana akan memberikan Rp 1.000 untuk ditukar menjadi buku. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x