Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 10:30 WIB
 

Koalisi Saudi Izinkan Pengiriman Bantuan ke Yaman

Oleh : - | Senin, 27 November 2017 | 14:30 WIB
Koalisi Saudi Izinkan Pengiriman Bantuan ke Yaman
(Foto: LA Times)

INILAHCOM, Al Hudaydah - Koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi akhirnya memberikan izin untuk pengiriman bantuan bahan makanan ke wilayah yang dilanda kelaparan akibat konflik di Yaman.

Sebuah kapal yang membawa 5.500 ton tepung dilaporkan telah berlabuh di pelabuhan Al Hudaydah, di tepi Laut Merah pada Minggu (26/11/2017) menurut para pejabat lokal. Ini menjadi yang pertama setelah dua pekan blokade koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi gerakan Houthi.

Sebelumnya, Arab Saudi dan sekutunya menutup akses darat, udara, dan laut menuju Yaman pada 6 November lalu untuk menghentikan apa yang mereka sebut aliran senjata untuk Houthi dari Iran. Tindakan itu dilakukan setelah Arab Saudi mengklaim berhasil mencegat satu rudal yang ditembakkan ke arah ibu kotanya, Riyadh. Namun Iran membantah memasok senjata bagi Houthi.

Pengiriman itu merupakan bantuan pertama yang tiba melalui pelabuhan Al Hudaydah, yang dikendalikan oleh Houthi, setelah koalisi mengizinkan satu penerbangan yang mengangkut para pekerja kemanusiaan ke ibu kota Yaman, Sanaa, Sabtu (25/11/2017).

"Kapal itu panjangnya 106 meter dan membawa 5.500 ton tepung," kata seorang pejabat Yaman yang dikutip kantor berita AFP.

Badan-badan bantuan mengatakan blokade koalisi telah memperburuk krisis kemanusiaan di Yaman, tempat perang menyebabkan tujuh juta orang menghadapi kelaparan dan menewaskan lebih dari 10.000 orang.

Koalisi memberikan izin bagi penerbangan-penerbangan PBB untuk keluar masuk Sanaa dari Amman pada Sabtu, mencakup rotasi rutin para pekerja kemanusiaan.

Setelah pembukaan kembali bandara Sanaa, UNICEF juga mengirimkan vaksin ke sana.

Badan amal Save the Children menyatakan sekitar 20.000 anak Yaman berusia di bawah lima tahun masuk dalam golongan anak-anak kekurangan gizi parah setiap bulan, atau rata-rata 27 anak per jam.

Komentar

 
Embed Widget

x