Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 06:07 WIB

Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing'

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 17 November 2017 | 13:58 WIB
Rusia Beri Cap VOA dan 8 Media 'Agen Asing'
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Moskow - Pemerintah Rusia memberikan sembilan nama media massa elektronik sebagai 'Agen Asing' di bawah UU baru yang baru saja diloloskan majelis rendah Rusia, Kamis (16/11/2017).

Kantor berita Reuters mengabarkan, dua di antaranya adalah media AS yakni, Voice of America dan Radio Free Europe/Radio Liberty, RFE/RL. Sedangkan tujuh media elektronik lainnya adalah radio yang meliput kawasan Crimea, Siberia, juga sebuah media yang meliput kawasan provinsi di Rusia serta sebuah stasiun televisi online, dan satu lagi media yang meliput kawasan Muslim Tartarstan, serta portal berita yang senantiasa mengecek pernyataan-pernyataan resmi pejabat Rusia.

Dalam UU yang bakal disahkan oleh majelis tinggi itu, Pemerintah Rusia berhak memberikan stempel 'Agen Asing'. Konsekuensinya, media massa itu harus mematuhi peraturan yang diterapkan bagi media massa yang didanai pemerintah asing sesuai dengan UU tahun 2012.

Sebagai Agen Asing, mereka juga diharuskan melaporkan informasi apa saja yang akan disiarkan, dan melaporkan tujuan mereka, serta mengungkap sumber-sumber keuangannya, termasuk bagaimana mereka menggunakan dana asing itu, dan cara mengelolanya.

Peraturan baru itu ditetapkan Pemerintah Moskow, tampaknya sebagai balasan atas perlakuan AS terhadap media massa Rusia. Pekan ini, Washington mengharuskan seluruh penyiar dan karyawan stasion televisi Russia Televisi, RT mendaftarkan diri sebagai 'Agen Asing'.

Pendaftaran itu diwajibkan setelah badan intelijen AS menuduh Rusia menggunakan organisasi media massa untuk mempengaruhi Pilpres 2016. Pemerintah Moskow menolak tuduhan itu dan menyatakan pendaftaran awak medianya, sama halnya membatasi kebebasan berpendapat.

Pihak RFE/RL tak mau berspekulasi menghadapi peraturan baru Rusia itu, dan tetap menjalankan tugasnya sebagai wartawan. Sedangkan VOA, menyatakan tetap pada prinsipnya. "Kami tetap berkomitmen memberikan berita yang independen kepada pendengar dan pemirsa dunia," kata Amanda Bennett, Direktur VOA.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x