Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 06:15 WIB

Israel Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Iran

Oleh : - | Kamis, 16 November 2017 | 13:55 WIB
Israel Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Iran
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Los Angeles - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menawarkan bantuan kepada korban gempa di Iran, seraya menegaskan bahwa permusuhan di antara kedua negara tidak menghalangi simpati kemanusiaan.

Penawaran itu disampaikan dalam sebuah konferensi video dengan Federasi Yahudi Amerika Utara, di Los Angeles, AS, Rabu (15/11/2017).

Iran tidak mengakui negara Yahudi itu dan media Israel melaporkan bahwa penawaran tersebut langsung ditolak melalui Komite Internasional Palang Merah.

Namun, penawaran itu diberikan saat banyak di antara puluhan ribu orang yang telantar akibat akibat gempa tersebut mengungkapkan kemarahan terhadap rezim Iran, karena lambatnya respons dari yayasan amal yang didirikan setelah revolusi 1979.

"Saya melihat gambar-gambar menyayat hati yang menunjukkan laki-laki dan perempuan serta anak-anak tertimbun puing," kata Netanyahu di pertemuan itu, seperti dilansir AFP.

"Beberapa jam lalu, saya memerintahkan agar kita menawarkan bantuan medis kepada Palang Merah untuk korban bencana di Irak dan Iran ini," imbuhnya.

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa kami tidak berselisih dengan rakyat Iran. Perselisihan kami hanya dengan rezim tiran yang menyandera mereka dan mengancam akan menghancurkan kami. Namun, kemanusiaan kami lebih besar dibandingkan dengan kebencian mereka," kata Netanyahu lagi.

Lebih dari 500 orang tewas dan puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggalnya akibat gempa yang mengguncang perbatasan Iran-Irak pada Minggu (12/11/2017).

Komentar

 
Embed Widget

x