Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 06:13 WIB

China Kirim Utusan Temui Kim Jong Un

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 16 November 2017 | 12:08 WIB
China Kirim Utusan Temui Kim Jong Un
Song Tao, Kepala Departemen Luar Negeri Partai Komunis China - (Foto: DW)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - Pemerintah China mengutus Song Tao, Kepala Departemen Luar Negeri Partai Komunis China, berkunjung ke Pyongyang di tengah krisis di semenanjung Korea.

Politico mengabarkan, Song Tao hendak melakukan misi kunjungan Jumat (17/11/2017). "Song Tao berperan sebagai utusan khusus Presiden Xi Jinping sekaligus pejabat tinggi China ke Korut," bunyi laporan Kantor Berita Resmi Xinhua tanpa merinci lebih jauh.

Sementara itu, Geng Shuang, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China menafikan kunjungan Song Tao itu ada kaitannya dengan kunjungan Presiden Donald Trump ke Beijing. "Kunjungan Song Tao untuk menyampaikan hasil Kongers PKC dan bertukar pikiran dengan Partai Pekerja Korut, penguasa Korut," kata Geng Shuang.

Maklum, seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Trump meminta Presiden Xi Jinping menekan Korut untuk menghentikan program nuklirnya. "China mampu menyelesaikan masalah itu dengan mudah dan cepat. Jika ia lebih keras, maka semua bisa terwujud. Tidak diragukan lagi," kata Trump.

Menurut John Delury, diutusnya Song Tao ke Pyongyang menunjukkan bahwa Presiden Xi Jinping bermaksud membuka hubungan antara para pejabat tinggi kedua negara. "Presiden Xi juga ingin menjalin hubungan lebih konstruktif dengan Kim Jong-un," kata John Delury, ahli China dan Korut di Yonsei University, Korsel.

Kunjungan Song Tao ini dilakukan, di tengah mencairnya hubungan antara China dengan Korea Selatan. Presiden Moon Jae-in dijadualkan berkunjung ke China untuk bertemu empat mata dengan Presiden Xi Jinping bulan depan.

Song Tao merupakan pejabat tinggi China yang berkunjung ke Korut sejak Oktober 2015. Waktu itu, seorang anggota Komite Sentral PKC, Liu Yunshan bertemu dengan Kim Jong-un dan menyampaikan surat pribadi Presiden Xi Jinping. Isinya, menyebutkan bahwa Pemerintah Beijing berniat menjalin hubungan baik dengan Korut. Kunjungan itu disusul dengan kunjungan Menteri Luar Negeri China Liu Zhemin ke Pyongyang, Oktober 2016.

Komentar

 
Embed Widget

x