Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 06:15 WIB

Mendagri AS Ditekan Usir Imigran Amerika Latin

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 10 November 2017 | 13:18 WIB
Mendagri AS Ditekan Usir Imigran Amerika Latin
Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Elaine Duke - (Foto: washingtonpost)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington DC - Kepala Staf Gedung Putih John F Kelly dikabarkan minta Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Elaine Duke agar mendeportasi puluhan ribu warga Honduras yang menetap di AS.

The Washington Post mengabarkan Kamis (9/11/2017), namun Menteri Elaine Duke menolak permintaan itu. "Menteri Duke tetap mempertahankan warga asing yang memiliki TPS, Temporary Protected Status, karena sesuai hukum yang berlaku," kata Jonathan Hoffman, juru bicara kementerian tersebut. Sebaliknya, Elaine Duke memutuskan untuk memperpanjang TPS bagi warga Honduras hingga Januari 2019, atau mengubah status mereka menjadi penduduk tetap.

Elaine Duke yang diangkat menjadi Menteri Keamanan Dalam Negeri, DHS, April lalu, juga dikabarkan marah menerima permintaan dari John Kelly yang berada di Asia Tenggara menyertai Presiden Donald Trump. "Dia seperti ditampar wajahnya," kata seorang pejabat DHS. "Maklum, permintaan itu disampaikan Kelly setelah Duke mengeluarkan keputusan," lanjutnya. Bahkan, Elaine Duke yang menjadi menteri untuk sementara waktu itu berniat mengundurkan diri setelah Kirstjen M Nielsen diangkat sebagai penggantinya.

Nielsen yang kini menjadi wakil Duke diberitakan akan mengambil alih posisi sebagai Menteri DHS dalam waktu dekat ini. Nielsen yang sebelumnya menjadi staf Gedung Putih urusan imigrasi, tampaknya akan menjalankan perintah Presiden Trump yang bersikeras memulangkan imigran asing.

Tidak seorang pun yang menanyakan apakah Nielsen akan mendeportasi 300 ribu pemilik TPS, yang akan kehilangan statusnya, jika tidak diperbarui. Jumlah keluarga mereka mencapai 275 ribu, sehingga total pemilik TPS dari berbagai negara yang akan dideportasi mencapai 600 ribu orang.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x